Kamis, 07 Maret 2019

MODAL DASAR KEWIRAUSAHAAN



BAB 6
MODAL DASAR KEWIRAUSAHAAN
MODAL KEWIRAUSAHAAN
            Untuk dapat menjadi seorang wirausahawan atau pun memulai suatu usaha, yang paling pertama tepikirkan dalam benak kita adalah modal, dalam hal ini kerap dikenal kenal modal kewirausahaan. Secara umum yang kita ketahui bahwa gambaran bentuk dari modal kewirausahaan itu adalah berupa materi atau finalsial. Meski merupakan bagian yang paling utama, sebenarnya masih banyak bentuk modal kewirausahaan lainnya selain dalam bentuk materi atau finansial yang nantinya sangat membatu seorang wirausahawan dalam membangun suatu usaha. Dalam pembahasan kali ini penyusun akan mengulas konsep dari modal kewirausahaan itu sendiri, dari pengertian modal kewirausahaan, bentuk-bentuk modal kewirausahaan, dll.

A.    Definisi Modal Kewirausahaan
Dalam kamus bahasa Indonesia “modal” didefinisikan sebagai uang pokok atau uang yang dipakai sebagai induk untuk berniaga, melepas uang dan sebagainya. Dalam finansial dana kunting, modal biasanya menunjuk kepada kekayaan finansial, terutama dalam penggunaan awal atau menjaga kelanjutan bisnis. Awalnya, dianggap bahwa modal lainnya, misal modal fisik, dapat dicapai dengan uang atau modal finansial.
Berikut dijelaskan beberapa pengertian modal menurut beberapa ahli :
a.       Alam S., modal adalah segala sumber daya hasil produksi yang tahan lama dan dapat digunakan sebagai input produktif dalam proses produksi berikutnya.
b.      Ivan Lestari, modal adalah tiap-tiap hasil (produk) yang digunakan untuk menghasilkan produk selanjutnya.
c.       Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), modal merupakan bagian hak pemilik dalam perusahaan yang meruoakan selisih antara aset dan utang, sehingga bukan merupakan nilai jual perusahaan.
d.      Sugiarto, modal adalah seluruh aktiva perusahaan yang digunakan untuk mendapatkan penghasilan.

B.     Bentuk Modal Kewirausahaan
Dari ulasan pengertian modal kewirausahaan di atas, lebih dominan menyebutkan bahwa bentuk dari modal kewirausahaan berupa materi atau finansial. Namun sebenarnya masih ada bentuk modal kewirausahaan lain yang memiliki peran penting dalam membangun sebuah usaha. Berikut bentuk modal-modal kewirausahaan yang telah digolongkan dalam beberapa kelompok.
a.       Berdasarkan Wujudnya
Dalam kewirausahaan, modal tidak selalui dentik dengan modal yang berwujud (tangible) seperti uang dan barang, tetapi juga modal yang tidak berwujud (intagible) seperti modal intelektual, modal sosial, modal moral dan modal mental yang dilandasi agama. Secara garis besar, modal kewirausahaan dapat dibagi kedalam empat jenis, yaitu: Modal intelektual, Modal sosialdan moral, Modal mental, Modal Material.
1.      Modal intelektual (Intellectual Capital)
Modal intelektual dapat diwujudkan dalam bentuk ide-ide sebagai modal utama yang disertai pengetahuan (knowledge), kemampuan (capability), ketrampilan (skill), komitmen (commitment), tanggungjawab (authority).
2.      Modal sosial dan moral
Modal sosial dan moral diwujudkan dalam bentuk kejujuran dan kepercayaan, sehingga dapat terbentuk citra diri yang positif. Seorang wirausahawan yang baik biasanya memiliki 10 etika wirausaha sebagai berikut:
1)      Kejujuran
2)      Memiliki integritas
3)      Menepati janji
4)      Kesetiaan
5)      Kewajaran
6)      Suka membantu orang lain
7)      Menghormati orang lain
8)      Warga negara yang baik dan taat hokum
9)      Mengejar keunggulan
10)  Bertanggungjawab
3.      Modal mental
Modal mental adalah kesiapan mental berdasarkan landasan agama (spiritual). Diwujudkan dalam bentuk keberanian untuk menghadapi risiko dan tantangan yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepadaTuhan Yang Maha Esa.

4.      Modal Material
Modal material adalah modal dalam bentuk uang atau barang. Modal ini bukan segala-gala dan bukan merupakan modal utama, karena modal material dapat terbentuk apabila kita telah memiliki jenis-jenis modal diatas.

b.      Berdasarkan Kebutuhannya
Di dalam menjalankan sebuah usaha , ada tiga jenis modal usaha yaitu :
1.      Modal Investasi awal
2.      Modal Kerja
3.      Modal Operasional
Dari ketiga jenis modal usaha tersebut biasanya akan melekat dalam setiap bisnis yang dijalankan. Pengertian ketiga modal usaha tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Modal Investasi Awal
Modal Investasi awal adalah jenis modal yang harus dikeluarkan pada awal memulai usaha, dan biasanya dipakai untuk jangka panjang. Contoh modal usaha ini adalah bangunan, peralatan seperti komputer, kendaraan, perabotan kantor dan barang-barang lain yang dipakai untuk jangka panjang.

Sebagai contoh jika usaha anda adalah bengkel motor, maka modal investasi awal Anda adalah bangunan, alat-alat perbengkelan, dan perabot lain yang dibutuhkan di bengkel tersebut. Kalau usaha Anda toko, maka modal investasi awal Anda adalah rak, meja, bahkan mungkin juga mesin kasir.

Biasanya, modal usaha ini nilainya cukup besar karena dipakai untuk jangka panjang. Tetapi nilai dari Modal Investasi Awal ini akan mengalami penyusutan dari tahun ke tahun bahkan bisa dari bulan ke bulan. Nilai penyusutan ini harus dihitung,  jika sudah bernilai nol harus dilakukan peremajaan lagi.

2.      Modal Kerja
Modal kerja adalah modal yang harus dikeluarkan untuk membeli atau membuat barang dagangan Anda. Modal kerja ini bisa dikeluarkan setiap bulan, atau setiap datang order.

Sebagai contoh, kalau usaha Anda usaha tempat makan, maka modal kerja yang Anda butuhkan adalah modal untuk membeli bahan makanan. Kalau usaha Anda usaha pembuatan barang kerajinan, maka modal kerja Anda adalah uang yang Anda keluarkan untuk membeli bahan baku. Kalau usaha Anda adalah jasa fotokopi, ya modal kerja Anda uang yang Anda keluarkan untuk membeli kertas, tinta, dan lain sebagainya.

Prinsipnya, tanpa modal kerja, Anda tidak akan bisa menyelesaikan order Anda atau tidak memiliki barang dagangan. Nanti, bisa-bisa Anda malah tidak akan dapat pembeli karena barangnya saja tidak ada. Itulah pentingnya modal kerja.

3.      Modal Operasional
Modal yang terakhir adalah modal operasional. Modal operasional adalah modal yang harus Anda keluarkan untuk membayar biaya operasi bulanan dari bisnis Anda. Contohnya pembayaran gaji pegawai, pulsa telepon bulanan, PLN, air, bahkan retribusi.

Pos-pos dalam modal operasional ini pada setiap bisnis umumnya hampir sama. Ini karena pada prinsipnya, yang dimaksud dengan modal operasional adalah uang yang harus Anda keluarkan untuk membayar pos-pos biaya di luar bisnis Anda secara langsung. Jadi, Modal Operasional ini biasanya dibayar secara bulanan. Dengan mengenali berbagai macam modal usaha tersebut bisa Anda hitung sendiri, berapa modal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha.

C.    Cara Memperoleh Modal Usaha
Ada beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mendapatkan dana usaha, diantaranya:

a.       Dana sendiri
Kita dapat memperoleh modal usaha dengan menggunakan dana sendiri. Misalnya dengan menggunakan dana simpanan yang sudah kita tabung selama ini. Jika belum cukup, maka kita juga bisa menutupi kekurangan dana tersebut dengan menjual sebagian aset berharga yang kita miliki saat ini misalnya logam mulia atau perhiasan. Tidak ada salahnya sedikit berkorban untuk kesuksesan bisnis, anggap saja kita sedang berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar setelah usaha kita berhasil berjalan nanti.

b.      Mencari Dana Hibah Perusahaan
Modal juga dapat diperoleh dari dana hibah perusahaan, baik perusahaan pemerintah maupun swasta. Saat ini perusahaan-perusahaan besar biasanya memiliki budget atau anggaran tersendiri untuk membantu membangun perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan maupun masyarakat umum dengan menyalurkan dana modal usaha melalui Divisi CSR (Corporate Social Responsibility). Untuk teknis penyaluran dana biasanya dalam bentuk event competition.  Oleh karena itu, event tersebut merupakan peluang bagi para calon pengusaha untuk mendapatkan tambahan dana bagi kelangsungan usaha kita.

c.      Menjalin Kerjasama
Jika kita memiliki teman atau saudara yang memiliki minat yang sama dan hendak menjadikan hal tersebut sebagai bisnis, cara ini dapat dijadikan pilihan. Rekan bisnis tersebut bisa jadi hanya memberikan bantuan berupa modal, atau bisa jadi membantu juga dapat operasional bisnis sehari-hari. Kita juga harus menyepakati hal-hal seperti pembagian hasil agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Kesepakatan itu perlu dibuat perjanjian tertulis untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu di kemudian hari.

d.      Mencari Investor
Hampir sama dengan menjalin kerjasama, cara ini juga membantu kita mendapatkan dana dari pihak ketiga. Bedanya, investor biasanya hanya memberikan modal berupa dana tanpa ikut terjun langsung dalam operasional. Hal lain sama seperti cara di atas, hal-hal seperti pembagian hasil atau kesepakatan lain harus dibuat berupa perjanjian tertulis agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan bila terjadi sesuatu di kemudian hari.

e.       Mengajukan Pinjaman Modal Usaha ke Bank atau Koperasi
Kita juga dapat mengajukan permohonan pinjaman modal usaha ke Bank atau Koperasi. Sebelum pengajuan ini tidak jarang pihak Bank atau Koperasi ingin mengetahui profil usaha yang akan kita buat berupa proposal atau bahkan beberapa meminta kita untuk menyampaikan Feasibility Study yang bertujuan untuk menilai kelayakan implementasi sebuah bisnis dilihat dari Hanya saja, sebagaimana namanya pinjaman kita harus mengembalikan biaya tersebut dalam jangka waktu tertentu ditambah bunga pinjaman yang besarannya bekisar antara 8-10% per tahun. Namun demikian, kami menyarankan agar ini menjadi pilihan terakhir karena  kewajiban pembayaran bunga dan cicilan dapat menjadi kendala untuk bisnis yang baru mulai berjalan.

Dalam pengajuan permohonan modal usaha ke pihak ketiga, disarankan agar menyiapkan profil usaha yang akan kita buat berupa proposal atau bahkan beberapa investor atau perusahaan meminta kita untuk menyampaikan Feasibility Study yang bertujuan untuk menilai kelayakan implementasi sebuah bisnis dilihat dari sisi Keuntungan Finansial (Financial Benefit), Keuntungan Secara Makro Ekonomi (Macro Economy Benefit), serta Keuntungan Sosial (Social Benefit) yang diterima masyarakat berkaitan dengan usaha yang akan kita bentuk



4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Modal kerja adalah modal yang harus dikeluarkan untuk membeli atau membuat barang dagangan Anda. Modal kerja ini bisa dikeluarkan setiap bulan, atau setiap datang order.

    Sebagai contoh, kalau usaha Anda usaha tempat makan, maka modal kerja yang Anda butuhkan adalah modal untuk membeli bahan makanan. Kalau usaha Anda usaha pembuatan barang kerajinan, maka modal kerja Anda adalah uang yang Anda keluarkan untuk membeli bahan baku. Kalau usaha Anda adalah jasa fotokopi, ya modal kerja Anda uang yang Anda keluarkan untuk membeli kertas, tinta, dan lain sebagainya.

    Prinsipnya, tanpa modal kerja, Anda tidak akan bisa menyelesaikan order Anda atau tidak memiliki barang dagangan. Nanti, bisa-bisa Anda malah tidak akan dapat pembeli karena barangnya saja tidak ada. Itulah pentingnya modal kerja.

    Usaha yang menjanjikan di desa

    BalasHapus
  3. Saya ingin menasihati semua pencari pinjaman untuk bergegas ke perusahaan Ross Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman sejati dan asli yang meminjamkan bunga 2%, ini cerita saya, nama saya Annisa dari Bali, Indonesia, pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman tidak bisa didapat dari internet, mungkin saja dan saya penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda ditipu, Ya, mereka adalah pemberi pinjaman palsu, dan mereka juga pemberi pinjaman yang sebenarnya. Dan Ibu Rossa adalah orangnya. Berhubung ada banyak lender palsu, awalnya saya skeptis, saya putuskan untuk minta pinjam ke ibu Rossa, maka saya menghubungi Bu Rossa untuk pengajuan pinjaman saya sebesar Rp 100.000.000,00 dan dalam waktu 24 Jam, pinjaman saya disetujui dan dikirim ke bank BCA saya. rekening, dengan bukti jika Anda meragukan saya dan pinjaman ini datang dengan bunga yang sangat rendah 2% tidak seperti bank di Indonesia yang memberikan pinjaman 7% atau lebih, harus saya akui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai sekarang , meski ada juga yang ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan tulus saya, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu saya Rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang dia berkata itu didukung oleh Amerika Serikat dan Bank Dunia untuk membantu miskin di sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan Saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu saya Rossa karena telah mengeluarkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang perusahaan pinjamannya dan juga menghindari jatuh cinta pada peminjam palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu, Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, aplikasi dan teks whats, saya merasa dibandingkan dengan membagikan detail ini tetapi banyak yang sangat tidak serius dan akan menelepon ibu jadi saya hanya dapat memberikan alamat email kepada siapa saja untuk menghubungi ibu rossa Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan karena kuncian virus corona, maka segera ke perusahaan pinjaman rossa stanley di mana ada bantuan BANK DUNIA untuk semua orang jadi hubungi kami sekarang di perusahaan pinjaman rossa stanley sekarang untuk pinjaman dan bantuan keuangan Anda melalui salah satu saluran berikut di bawah iniEmail: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Telepon / SMS / WhatsApp: +1 (213) -315-3118
    Situs web: www.rossastanleyloan.org
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook Resmi: Rossa Stanley Favor
    Lamar atau kunjungi kami di web di
    http://www.rossastanleyloan.org semoga ALLAH terus memberkati dan melindungi ibu rossa stanley yang baik hati dan pengertian ini.

    BalasHapus
  4. kewirausahaan merupakan salah satu peluang berbisnis yang dapat dimulai dari hal kecil dengan ide besar....artinya seorang boleh bermimpi karena mimpi akan melahirkan ide atau gagasan yang bisa diwujudkan jadi kenyataan bila yang bersangkutan punya kemauan yang tinggi. seorang orang berkata mau memulai usaha tidak punya modal..kalau pola berfikir sudah dimulai dengan cara seperti itu maka mimpi untuk menjadi wirausaha tidak akan terwujud. banyak contoh orang sukses yang berusaha tanpa modal sesuai dengan yang diinginkannya, namun orang tersebut bisa sukses dalam bisnisnya, sebut saja Khairul Tajung engusaha sukses yang kita kenal saat ini, dia mengarang buku "anak Singkong"...apakah dia memulai bisnisnya dengan modal besar seperti saat ini, tentu saja tidak...namun yang dia punya adalah semangat dan kemauan, dengan demikian dia mampu mengembangkan ide-ide untuk berbisnis yang kita kenal saat ini sebagai pebisnis sukses di Indonesia.

    BalasHapus

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Blog Archive

LATEST POSTS

CB Blogger Lab

JASA SEO CB

jam ayam

CONTOH BLOG

JASA SEO CB

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *