Kamis, 07 Maret 2019

KEWIRAUSAHAAN DALAM KONTEKS GLOBAL



Pertemuan 16
BAB 16
KEWIRAUSAHAAN DALAM KONTEKS GLOBAL
Tantangan global kewirausahaan
Setiap usaha dan perusahaan harus berusaha untuk mencari keunggulan-keunggulan untuk bersaing. Setiap produk, usaha, dan perusahaan yang tidak mempunyai keunggulan tidak akan banyak kemajuan, dan tidak akan menang dalam persaingan. Beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh wirausahawan antara lain :

Persaingan global
Pengangguran
Tanggung jawab social
Kemajuan teknologi
Gaya hidup dan kecenderungannya
Tantangan etika
Keanegaragaman angkatan kerja

Pertumbuhan penduduk
Sumber daya yang bergerak ke pasar internasional  adalah sumber daya yang memiliki kualitas tertentu, seperti keunggulan, nilai tambah, dan nilai guna. Pertumbuhan penduduk dunia yang cepat disertai persaingan yang tinggi akan menimbulkan berbagai angkatan kerja yang kompetitif.
Para wirausahawan harus merespon danmenyesuaikan dengan perkembangan gaya hidup dan kecenderungannya, keanekaragaman angkatan kerja, dan etika berusaha.
Untuk mencapai berbagai tantangan tersebut diperluka sumber daya berkualitas yang dapat menciptakan berbagai keunggulan diantaranya melalui proses kreatif dan inovatif kewirausahaan. Wirausahawan kreatif dan inovatif tersebut dapat terjadi apabila ada proses pendidikan kewirausahaan.
            Barang dan jasa yang unggul adalah produk yang memiliki daya saing. Produk yang unggul bagi konsumen adalah produk barang dan jasa yang memiliki nilai tambah. Produk barang dan jasa yang memiliki nilai tambah mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
Mengandung kebaruan (berbeda)
Memiliki kegunaan tambahan
Memiliki kemudahan untuk dipergunakan
v  Menuju pasar internasional
è Ekspor
Persoalan ekspor menyangkut bagaimana barang-barang yang akan dijual di luar negeri sampai konsumen.
Ekspor tidak langsung
Yaitu dengan menggantikan proses ekspor kepada suatu perusahaan manajemen ekspor (export management company-EMC).
fungsi EMC adalah :
Melakukan riset pasar
Mengembangkan jejaring distribusi
Melakukan kontak-kontak berharga bagi perusahaan
Mengidentifikasi beberapa aspek gangguan yang berhubungan dengan Negara tertentu.
EMC ini dibayar  sehingga perlu dipertimbangkan keahliannya. Akibatnya, ada beberapa tambahan pembiayaan (cost) ekspor berikut :
Biaya waktu pengumpulan yang panjang
Biaya asuransi yang meliputi asuransi atas  tunggakan ynag tidak dibayar oleh pelanggan dan asurand=si yang berhubungan dengan ketidakstabilan pemerintahan.
Pajak yang dibayarkan kepada pemerintahan yang di luar negeri.
Biaya administrasi
Ekspor langsung
            Perusahaan itu sendiri yang langsung membawa dan memasarkan produknya di pasar luar negeri. Biasanya menggunakan beberapa perwakilan penjualan yang tersusun seczra sederhana dan langsung. Perwakilan perusahaan tersebut merupakan agen independen yang diberi komisi.
è Impor
Untuk memperendah ongkos produk barang yang ditawarkan oleh pemasok dalam negeri, wirausahawan pengimpor dapat mempertinggi kualitas produk dengan cara mencari produk-produk berkualitas dalam bentuk desain yang unggul, ketahanan, penampilan, dan bebrapa elemen lainnya yang diperlukan oleh pembeli.

              Untuk memulia bisnis dalam bidang impor diperlukan halhal berikut :
Pengetahuan tenytang pasar yang sudah tersedia
Kemampuan untuk melakukan pencarian industri yang ada pada lingkup global
Pemahaman tentang perdagangan internasional dan sangat mengenal proses impor
Wirausahawan harus mengetahui tentang pencarian peluang. Peluang tersebut lebih terarah pada  beberapa item yang tidak tersedia di dalam negeri. Setelah terjadi kesepakatan dan transaksi, langkah berikutnya adalah bagaimana barang-barang bisa masuk ke dalam negeri, ada beberapa langkah yaitu :
Entry
Untuk memasukkan barang, diperluakn beberapa dokumen sebagai berikut :
A bill of lading, airway bill, or carrier’s sertificate (dokumen khusus pengimpor)
A commercial invoice (diperoleh dari penjual)
Entry manifest (daftar yang terperinci)
Packing list
Appraisal
Untuk melihat keakuratan nilai barang yang akan dikirim dengan penerima atau nilai transaksi.
Classification

Pengelompokan produk yang akan diimpor sangat penting untuk menentukan batas tariff
Liquidation
Merupakan langkah terakhir masuknya barang untuk dibayar yang disesuaikan dengan biaya dan nilai barang yang dinilai. Setelah barang masuk, cara yang paling sederhana untuk menjual barang-barang impor adalah kepada keluarga, teman, dan asosiasi.








0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Blog Archive

LATEST POSTS

CB Blogger Lab

JASA SEO CB

jam ayam

CONTOH BLOG

JASA SEO CB

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *