Sabtu, 02 Maret 2019

Fungsi Pemasaran



BAB 11
Fungsi Pemasaran

Pengertian pemasaran menurut para ahli:
1. Pemasaran merupakan sebagai suatu proses sosial dan manajemenl yang membuat
individu dan kelompok mendapat apa yang mereka inginkan dan dapatkan
dari penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. (Philip
Kotler dan Amstrong)
2. Pemasaran merupakan aktivitas manusia yang diarahkan untuk memenuhi keinginan dan
kebutuhan dari proses pertukaran. (Philip Kotler)
3. Pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari aktivitas usaha yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial. (W Stanton)
4. Pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari aktivitas bisnis yang dirancang
untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang
yang dapat memuaskan kebutuhan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
Tujuan Manajemen Pemasaran
Tujuan Pemasaran merupakan mengetahui dan mengartikan pelanggan sedemikian rupa sehingga
produk yang di jual akan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, sehingga produk tersebut bisa
terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga
yang harus di fikirkan selanjutnya ialah bagaimana membuat produk tersebut tersedia.

Berikut adalah 3 Tujuan Pemasaran
1. Jangka Pendek
Tujuan jangka pendek bagi perusahaan merupakan untung secepat mungkin. Dalam arti dapat
menutup semua biaya-biaya produksi yang dipakai, dan jika ada kelebihan maka dikatakan laba
atau untung.

2. Jangka Menengah
Tujuan jangka menengah merupakan mengoptimalkan mencapai titik lunas antara total biaya
produksi dan total volume penjualan, memperluas cakupan promosi, dan berusaha lebih
memperbesar cakupan jumlah penjualan.
3. Jangka Panjang
Untuk jangka panjang perusahaan mempertahankan para pelanggan setia agar tetap loyal sama
produknya, antara lain dengan produk yang inovatif, kreatif dan berdaya guna lebih, serta
memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan.

Konsep Pemasaran
Konsep-konsep utama pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas,
nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat
membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan
dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan merupakan kehendak yang kuat akan
pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan
Permintaan merupakan keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan
dan kesediaan untuk membelinya. 
Fungsi pemasaran
Berikut adalah 7 fungsi pemasaran:
1. Analisis Konsumen
Ialah suatu pengamatan terhadap segala keinginan dan kebutuhan konsumen. Analisis konsumen
ini mengaitkan pengadaan peninjauan terhadap konsumen, menganalisis informasi konsumen,
pengevaluasian lokasi, pengembangan dan penentuan strategi pada segmentasi pasar secara
optimal.
2. Penjualan produk dan jasa

Penjualan produk dan jasa, yang merangkum banyak aktivitas dalam pemasaran, seperti promosi
penjualan, iklan, hubungan antar dealer, publisitas, manajemen tenaga penjualan dan hubungan
konsumen.
3. Perencanaan
Perencanaan terhadap produk dan jasa diantaranya seperti berbagai kegiatan pengemasan
produk, uji pemasaran, gaya produk, pemanfaatan garansi dan penyediaan layanan konsumen.
Salah satu teknik perencanaan produk dan jasa yang paling efektif ialah uji pasar.
4. Penetapan harga
Stakeholder atau lima pemangku kepentingan sangat mempengaruhi keputusan penetapan harga
yakni : konsumen, pemasok, distributor, pesaing dan pemerintah.
5. Distribusi
Distribusi, yang terdiri dari penggudangan, cakupan distribusi, saluran-saluran distribusi,
wilayah penjualan, kurir transportasi, penjualan grosir, tingkat dan lokasi persediaan, ritel dan
lokasi tempat ritel.
6. Riset pemasaran
Yakni merupakan suatu pengelompokan, pencatatan dan penganalisisan suatu informasi yang
berurutan berkenaan dengan berbagai macam persoalan yang terkait dengan pemasaran.
Kegiatan riset ini sangat mendukung semua fungsi bisnis pokok dari suatu organisasi.
7. Analisis peluang
Analisis peluang, yang melibatkan penilaian terhadap biaya, resiko dan manfaatnya yang terkait
dengan pemasaran. Ada tiga cara yang harus dilakukan dalam membuat analisis-biaya-manfaat
(cost-benefit-analysis) yakni: menghitung volume total biaya yang terlibat dengan suatu
keputusan; memperkirakan manfaat secara total dari keputusan yang dibuat; dan

membandingkan total biaya dengan manfaatnya. Jika manfaat yang diinginkan bisa melewati
total biaya, maka peluang tersebut menjadi lebih menjanjikan dan menarik.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Blog Archive

LATEST POSTS

CB Blogger Lab

JASA SEO CB

jam ayam

CONTOH BLOG

JASA SEO CB

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *