Selasa, 12 Maret 2019

Perilaku Ekonomi Perusahaan dan Organisasi industri


Pertemuan kesembilan

Perilaku Ekonomi Perusahaan dan Organisasi industri

Materi :
Ekonomi Industri mempelajari tentang bagaimana kebijakan perusahaan menghadapi para pesaing dan pelanggannya (Harga, Advertensi, Penelitian dan Pengembangan)

(Unsur Makro)
Ekonomi Industri juga mempelajari tentang kebijakan publik yang berkaitan dengan maksimalisasi kesejahteraan masyarakat (welfare) dan hubungan perusahaan dengan pemerintah dan bisnis.
Organisasi Industri berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang bertujuan mencapai efisiensi tingkat perusahaan industri dan efisiensi ekonomi nasional.

Pentingnya Ekonomi dan Organisasi Industri
(Hasibuan, 1993)
1.       Struktur Pasar makin terkonsentrasi                          prakteknya         merugikan konsumen.
2.       Konsentrasi makin tinggi mengurangi persaingan antar          perusahaan dan inefisiensi perilaku perusahaan.
3.       Konsentrasi makin tinggi menyebabkan konsentrasi                kekayaan dan melemahkan usaha pemerataan seperti          pendapatan, kesempatan kerja dan berusaha.
4.       Intervensi pemerintah meningkat sehubungan         munculnya          masalah akibat struktur yang makin         terkonsentrasi.
5.       Struktur, Perilaku dan Kinerja Industri mempelajari                                 dan memecahkan masalah apa yang akan diproduksi,                 bagaimana dan untuk siapa diproduksi.

Konsep Dasar
                Kenyataan atau Fakta dalam Ilmu Ekonomi :
1.       Adanya persaingan antar perusahaan di setiap pasar               sehingga memperoleh dan memanfaatkan pangsa pasar             untuk memaksimalkan laba.
2.       Terjadi persaingan yang sehat, perusahaan berusaha             efisien, menetapkan harga rendah dan melakukan         inovasi untuk memperkuat dan                 memperbesar pangsa pasar.
3.       Skala ekonomi yang besar dan inovasi dapat dimanfaatkan untuk membiayai monopoli.
4.       Perusahaan yang memiliki pangsa pasar yang             besar akan          memperoleh keuntungan lebih dengan menentukan harga                 diatas biaya dan membatasi jumlah produk. Kekuatan    monopoli menimbulkan kerugian sosial berupa           inefisiensi, terhambat inovasi, pendapatan dan                 kekayaan             tidak merata.


                Industri                --- Pasar               --- Strategi
                Industri :
                Semua kegiatan manusia yang bersifat produktif untuk memenuhi kebutuhan hidupnya berupa barang dan jasa dengan mentransformasikan faktor-faktor produksi untuk mendapatkan value added yang lebih tinggi. (Ilmu pengetahuan dan teknologi).
                Industri Primer
                Industri yang hasil produknya langsung dihasilkan dari alam tanpa ada pengolahan lanjutan. Ex : Hasil pertanian, hutan, kebun, peternakan dan pertambangan
                Industri Sekunder (manufaktur)
                Industri yang mengolah lebih lanjut hasil industri primer menjadi barang jadi atau produk siap pakai. Ex :pakaian, perabotan
                Industri Tersier
                Industri yang menunjang kegiatan industri primer maupun manufaktur. Ex : industri transportasi, perdagangan, listrik, jasa dan pemerintahan serta militer atau keamanan.        
                Industri :
                1.            Kumpulan perusahaan dengan output yang sama
                2.            Kumpulan perusahaan dengan input yang sama
                3.            Kumpulan perusahaan dengan Keterkaitan input -           output

                Pasar
- Media bertemunya penjual dan pembeli baik     secara langsung maupun tidak langsung.
- Kumpulan penjual dan pembeli yang   mempertukarkan atau memperjualbelikan          barang yang saling subtitusi.

Kriteria Pendefinisian Pasar
         Cakupan Produk
o   Elastisitas permintaan, elastisitas silang permintaan, keputusan partisipan, jumlah partisipan.
         Cakupan Geografis
o   Daerah Pembeli dan Daerah Penjual

Strategi
Merupakan suatu aktifitas yang diharapkan akan memberikan hasil terbaik bagi si pelaku

Fokus Studi
·                             Bagaimana perilaku perusahaan dalam menghadapi pesaing dan konsumennya dalam suatu industri dan pasar 
·                              Bagaimana pengaruh regulasi terhadap kondisi pasar
·                              Pasar Persaingan tidak sempurna (Oligopoli)      

ALIRAN UTAMA STUDI
Sasaran
o   Untuk menjaga tingkat Persaingan pasar yang sehat
-          S-C-P School (Aliran Struktur – Perilaku – Kinerja)            
o   Perlu campur tangan pemerintah
-          Chicago School
o   Tidak perlu campur tangan pemerintah

Struktur --- Perilaku --- Kinerja
                Paradigma Struktur – Perilaku – Kinerja meliputi pandangan bahwa kinerja industri tergantung pada perilaku para penjual dan para pembeli dalam struktur industri yang dihadapi. Sedangkan struktur industri ditentukan oleh kondisi-kondisi dasar dilihat dari sisi permintaan dan penawaran.

Struktur
Unsur-unsur utama dari struktur pasar dijelaskan dengan membedakan pasar dilihat dari berbagai kondisi (Sheperd, 1985; Martin, 1989 dan Carlton, 1990).
1.       Jumlah dan besarnya penyebaran penjual.
2.       Jumlah dan besarnya penyebaran pembeli.
3.       Diferensiasi produk.
4.       Kondisi masuk.
5.       Peraturan/perundang-undangan.   

 Struktur --- Perilaku --- Kinerja…
Perilaku perusahaan akan menarik hanya ketika persaingan menjadi tidak sempurna.

Perilaku
Tindakan-tindakan yang dilakukan perusahaan pada persaingan tidak sempurna :
1.        Kolusi adalah beberapa perusahaan independen  berkoordinasi dalam tindakannya. Ex : Kartel
2.        Strategi perilaku pada beberapa jenis pasar seperti keputusan tentang tingkat harga dan jumlah produksi.
3.        Advertensi dan penelitian/pengembangan (R & D) berkaitan dengan investasi dan bentuk atau model         pemasaran dan produk.                 

Struktur --- Perilaku --- Kinerja…
Kinerja
                Banyak aspek yang berkaitan dengan kinerja. Perlu diberi batasan kriteria seperti apakah kinerja yang baik. Beberapa aspek pokok :
1.       Efisiensi pengalokasian sumber daya
a.       Efisiensi Internal
b.      Alokasi yang efisien
2.       Kemajuan Teknologi dalam bentuk inovasi
3.       Keseimbangan dalam distribusi
4.       Dimensi lainnya seperti nilai-nilai sosial dan budaya seperti kebebasan individu, aman dari    bahaya


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Blog Archive

LATEST POSTS

CB Blogger Lab

JASA SEO CB

jam ayam

CONTOH BLOG

JASA SEO CB

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *