Jumat, 01 Maret 2019

Komunikasi Intrapersonal


Materi ini menguraikan, bagaimana orang menerima informasi, menyimpannya dan menghasilkan
kembali.
Proses pengolahan informasi, yang disebut sebagai komunikasi intrapersonal, meliputi sensasi,
persepsi, memori dan berpikir.

Sensasi adalah proses menangkap stimuli.
Persepsi ialah proses memberi makna pada sensasi, sehingga manusia memperoleh pengetahuan
baru. 
Untuk memahami bagaimana manusia menciptakan makna pada diri mereka, kita perlu memahami
antara persepsi dan komunikasi
Persepsi adalah proses aktif untuk menyeleksi, mengorganisasikan dan menginterpretasikan orang,
objek, peristiwa, situasi dan kegiatan. Persepsi memberi makna pada stimuli inderawi.
Persepisi adalah : suatu proses yang ditempuh individu untuk mengorganisasikan dan menafsirkan
kesan-kesan indera mereka agar memberikan makna bagi lingkungan mereka
Faktor yang mempengaruhi persepsi:
Pelaku persepsi: karakteristik pelaku (individu) yang mempengaruhi persepsi;
Sikap
Kebutuhan atau mitif yang tidak dipuaskan
Kepentingan atau minat kita
Pengalaman masa lalu
Pengharapan
Target atau Objek, karakteristik dari objek akan mempengaruhi persepsi
Situasi akan menarik perhatian kita untuk memperhatikan objek untuk memberikan persepsi

Sensasi : merupakan tahap paling awal dari penginderaan. Apa yang menyentuh alat indera, dari
dalam atau dari luar disebut stimuli.
Perbedaan sensasi dapat disebabkan oleh perbedaan pengalaman atau lingkungan budaya yang
berbeda
Teori atribusi : bila individu-individu mengamati perilaku, mereka mencoba menentukan apakah itu
disebabkan faktor internal atau eksternal
Faktor internal, perilaku yang diyakini berada dibawah kendali pribadi dari individu itu
Faktor eksternal, perilaku sebagai hasil dari sebab-sebab luar dimana orang terpaksa berperilaku
demikian oleh situasi
Faktor-faktor yang mempengaruhi cara pandang terhadap penyebab perilaku apakah internal atau
eksternal yaitu:
Kekhususan, merujuk kepada apakah individu memperlihatkan perilaku yang berlainan dalam situasi
yang berlainan
Konsensus, jika semua orang menghadapi situasi yang serupa bereaksi dengan cara yang sama
Konsistensi, apakah individu memberi reaksi dengan cara yang sama dari waktu ke waktu

Persepsi Selektif, orang-orang secara selektif menafsirkan apa yang mereka saksikan berdasarkan
kepentingan, latar belakang, pengalaman dan sikap.
Efek halo, menarik suatu kesan umum mengenai seorang individu berdasarkan suatu karakteristik
tunggal


Efek kontras, evaluasi atas karakteristik seseorang yang dipengaruhi oleh pembandingan dengan
orang lain yang baru saja dijumpai yang berperingkat lebih tinggi atau lebih rendah pada
karkateristik yang sama
Proyeksi, menghubungkan karakteristiknya sendiri ke orang lain
Berstereotipe, menilai seseorang atas dasar persepsi seseorang terhadap kelompok orang itu

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Blog Archive

LATEST POSTS

CB Blogger Lab

JASA SEO CB

jam ayam

CONTOH BLOG

JASA SEO CB

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *