Jumat, 01 Maret 2019

Emosi dan Suasana Hati


BAB 4
EMOSI DAN SUASANA HATI

PENGERTIAN EMOSI DAN SUASANA HATI
Menurut Stephen Robbins:
 Afek (affec  ) adalah sebuah istilah umum yang mencakup beragam perasaan yang dialami orang. Afek adalah sebuah konsep  yangmeliputi baik emosi maupun suasana  hati.
 Emosi (emotion) adalah perasaan-perasaan  intens yang ditujukan kepada sesorang atau  sesuatu.
 Suasana hati ( oo ) adalah perasaa -perasaan yang cenderung kurang intens dibandingkan emosi dan seringkali  (meskipun tidakselalu) tanpa ransangan  konstektual.

PENGERTIAN EMOSI DAN SUASANA HATI
 Menurut Fred Luthans (2005): Emosi merupakan reaksi terhadap sebuah objek.  Anda  menunjukkan emosi saat senang terhadap sesuatu,  marah pada seseorang, takut padasesuatu.
 Kebanyakan ahli yakin bahwa emosi lebih cepat  berlalu daripada suasana hati. Sebagai contoh bila
seseorang bersikap kasar terhadap Anda, Anda  akan merasamarah. Perasaan intens kemarahan  tersebut mungkin datang dan pergi dengan cukup  cepat, bahkan mungkin dalam hitungandetik. Tetapi ketika dalam suasana hati yang buruk, Anda  dapatmerasa tidak enak untuk beberapa jam.
 Sebaliknya suasana hati tidak diarahkan pada objek. Emosi dapat berubah menjadi suasana hati,  saatkehilangan fokus pada objek konstektual.

AFEK
Didefinisikan sebagai beragam perasaan yang dialami orang. Afek dapat dialami dalam bentuk emosi dan suasana hati.

EMOSI
1. Disebabkan oleh kejadian spesifik  2.Sangat cepat dalam durasi (detik atau menit).
3. Bersifat spesifik dan banyak  (banyak emosi-emosi spesifik  seperti kemarahan, rasa takit,  kesedihan, kebahagian rasa jijik,  rasa terkejut)
4. Biasanya disertai oleh ekspresi wajah  yang jelas.
5. Bersifat berorientasi tindakan.
SUASANA HATI
1. Penyebabnya seringkali umum  dan tidak jelas.
2. Berakhir lebih lama dari emosi  (jam atau hari)
3. Lebih umum (dua dimensi
utama afek positif dan afek negatif  yang terdiri dari berbagai emosi spesifik)
4. Biasanya tidak diindikasikan  oleh ekspresi yang jelas.
5. Bersifat kognitif

KUMPULAN DASAR EMOSIONAL
 Emosi mencakup rasa marah, jijik, antusias,  iri,takut, frustasi, kecewa, malu, bahagia, benci,  berharap, cemburu, gembira, cinta, bangga,  terkejut dan sedih.
 Dalam penelitiam kontemporer, psikolog telah mencoba mengidentifikasi emosi emosi dasar  dengan mempelajariberbagai ekspresi wajah.  Salah satu masalah dari pendekatanini adalah  beberapa emosi terlalu kompleks untuk secara  mudah diekspresikan melalui wajah. Contohnya  adalah cinta.Banyak orang menganggap cinta  sebagai hal paling universaldari semua emosi,  tetapi tidaklah mudah untukmengekspresikan  emosi cinta hanya melalui wajah.

KUMPULAN DASAR EMOSIONAL
Selain itu, setiap kultur memiliki norma  yang mengatur ekspresi emosi, sehingga  bagaimana
 kita mengalami sebuah emosi  tidak akan selalu sama dengan bagaimana  kita menunjukkannya.
 Saat ini banyak  perusahaan yang menawarkan program  manajemen kemarahan untuk melatih 
 orang manahan atau bahkan  menyembunyikan perasaan-perasaan  tersebunyi mereka.

BEBERAPA ASPEK EMOSI
a. Biologi Emosi
Orang-orang cederung merasa paling bahagia  (melaporkanlebih banyak emosi positif dibandingkan  emosi negatif) ketikasistem limbik mereka secara  relatif tidak aktif. Ketika sistem limbik memanas,  emosi negatif seperti rasa marah dan bersalah   mendominasi emosi-emosi yang positif seperti  kegembiraan dan dan kebahagian. Sistem limbik  setiap orangtidaklah sama.

b. Intensitas
c. Frekuensi dan Durasi,
d. Apakah Emosi Membuat Kita Irasional?
e. Fungsi Emosi

SUASANA HATI SEBAGAI AFEK POSITIFDAN NEGATIF
 Afek positif (positive affect) sebagai sebuah dimensi suasana hati yang terdiri  atas emosi-emosi positif seperti kesenangan, ketenangan diri dan kegembiraan pada ujung tinggi, dan  kebosanan, kemalasan dan kelelahan pada  ujung rendah.
 Afek negatif (negative affec ) adalah sebuah dimensi suasana hati yang terdiri atas kegugupan, stres dan kegelisahan pada  ujung tinggi, serta relaksasi, ketenangan  dan keseimbanganpada ujung rendah.
 Afek positif dan negatif adalah suasana hati.
Tegang
Gugup
Awass
enang

Afek Negatif
Tinggi
Afek Positif Tinggi
Tertekan
 Marah
Bahagia
Gembira
Sedih
Depresi
Tentram
Puas
Bosan

Capai
Tenang
Rileks

Afek Positif  Rendah
Afek Negatif
Rendah

SUMBER-SUMBER EMOSI  DAN SUASANA HATI
 Kepribadian
 Hari dalam seminggu dan waktu dalam seharí
 Cuaca
 Stres
 Aktivitas Sosial
 Tidur
 Olahraga
 Usia
 Gender

KERJA EMOSIONAL
 Adalah situasi dimana seorang karyawan mengekspresikanemosi-emosi yang  diinginkan secara
organisasional selama  transaksi antarpersonal di tempat kerja
 Konsep kerja emosional muncul dari penelitian-penelitian atas pekerjaan  terkait pelayanan.
 Misalnya, maskapai penerbangan  mengharapkan pramugari mereka, misalnya  untuk gembira; kitamengharapkan  pemimpin upacara pemakaman untuksedih;  dan dokter untuk secara emosi netral



KETIDAKSESUAIAN EMOSIONAL
 Inkonsistensi antara emosi yang kita  rasakandan emosi yang kita proyeksikan
 Sebagai contoh manajer mengharapkan  karyawan untuk selalu bersikap sopan,  tidak bersikap bermusuhan dalam  berinteraksi dengan rekan-rekan kerja.
 Tantangan sebenarnya adalah ketika  para karyawan harus menunjukkan satu  emosi sementara pada saat yang  bersamaan mengalami emosi yang lain.

EMOSI YANG DIRASAKAN VS EMOSI YANG DITAMPILKAN
 Emosi yang dirasakan (felt emotion) adalah emosi  sebenarnya dari seorang individu
 Sebaliknya, emosi yang ditampilkan  (displayedemotio ) adalah emosi yang  diharuskan organisasiuntuk ditampilkan  oleh pekerja dan dipandang sesuai dalam  pekerjaan tertentu. Emosi ini bukanlah  pembawaan, melainkan dipelajari.

BERPURA-PURA DIPERMUKAAN (SURFACE ACTING)
 Adalah menyembunyikan perasaan terdalam seseorang dan menghilangkan  ekspresi-ekspresi emosional sebagai  respon terhadap aturan-aturan  penampilan.
 Sebagai contoh, ketika seorang pekerja tersenyum kepada pelanggan meskipun  saat
ia tidak ingin melakukannya, ia  sedang berpura-pura di permukaan

Berpura-pura Secara Mendalam  (DEEPACTIN )
Adalah berusaha mengubah perasaan mendalam seseorang berdasarkan aturan-aturan  penampilan
Seorang penyedia layanan kesehatan yang berusaha untuk secara tulus merasakan
empati terhadap pasiennya merupakan contoh berpura-  pura secara mendalam
Penelitian menunjukkan bahwa perpura-pura  dipermukaan lebih menimbulkan stress
pada  karyawan karena mengharuskan seseorang untuk  memalsukan perasaan yang sebenarnya

TEORI PERISTIWA AFEKTIF
Bagaimana emosi dan suasana hati  memengaruhi kinerja dan kepuasan kerja  kita?
Sebuah model yang dinamakan teori

peristiwa afektif
ffective even
theory_AET) meningkatkan pemahaman  kita atashubungan tersebut. AET  menunjukkan bahwa
karyawan bereaksi  secara emosional pada hal-hal yang terjadi pada mereka di tempat kerja dan
bahwa  reaksi inimemengaruhi kinerja dan  kepuasan kerja mereka.

TEORI PERISTIWA AFEKTIF
Lingkungan Kerja
 Karekteristikkarakteristik  pekerjaan
 Tuntutantuntutan  pekerjaan
 Syaratsyarat untuk kerja  emosional

Kepuasan Kerja
Peristiwaperistiwa Kerja
 Percekcokan harian
 Kegembiraan harian

Reaksireaksi Emosional
 Positif
 Negatif

Kinerja pada Pekerjaa
Kecenderungan pribadi
 Kepribadian
 Suasana hati



TEORI PERISTIWA AFEKTIF
Kesimpulannya, AET menawarkan dua pesan  penting:
 Emosi-emosi menyediakan wawasan yang berharga untuk memahami perilaku  karyawan. Model tersebut mendemonstrasikan bagaimana  percekcokan dan kegembiraan di tempat  kerja memengaruhi kinerja dan kepuasan  karyawan.
 Karyawan dan manajer seharusnya tidak mengabaikan emosidan peristiwa yang  menyebabkannya, bahwa ketika hal tersebut tampaknya sepele, karena hal  tersebutberakumulasi.

Kecerdasan Emosional
 Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mendeteksi serta mengelola petunjuk-  petunjuk dan informasi emosional.
 Kecerdasan Emosional (emotional intelligence - EI),
terdiri atas lima dimensi :
 Kesadaran-diri – sadar atas apa yang dirasakan.
 Manajemen-diri – kemampuan mengelola emosi dan dorongan-dorongan diri sendiri.
 Motivasi diri – kemampuan bertahan dalam menghadapi kemunduran dan kegagalan.
 Empati - kemampuan merasakan apa yang dirasakan orang lain.
 Keterampilan sosial – kemampuan menangani emosi-emosi orang lain.
 Beberapa penelitian menyatakan  bahwa EI memainkan peran penting  dalam kinerjapekerjaan
 Riset menyimpulkan bahwa dari para  insinyurLucent Technologies yang  dinilai
sebagai bintang, lebih baik  dalam berhubungan denganorang lain  yaitu EI dan bukan IQ
yang  mengkarakteristikkan kinerja tinggi.

Kasus Medukung EI
 Kecerdasan Emosional mempunyai pendukung dan penentangnya. Argumen-argumen yang mendukung, dan menentang keberadaan EI dalam PO.
 Daya Tarik Intuitif. Seseorang yangdapat mendeteksi emosi orang lain, mengendalikan emosi mereka, dan menangani interaksi sosial dengan baik akan mempunyai kaki yang kuat untukberdiri dalam dunia bisnis.


Pengambilan Keputusan
 Para peneliti PO masih terus memperdebatkan peran emosi dan suasana hati negatif dalam pengambilan  keputusan.
 Sebuah artikel menyatakan bahwa orang-orang yang tertekan (mereka yang secara kronis mengalami suasana hati buruk atau emosi-emosi negatif seperti
kesedihan) membuat penilaian-penilaian yang lebih  akurat dibandingkan orang-orang yang tidak  tertekan.
 Tetapi, bukti-bukti terkini menyatakan bahwa orang-orang tertekan membuat keputusan yang lebih  buruk dibandingkan orang-orang yang bahagia.
Emosi positif dapat atkan keterampilan pemecahan masalah serta memahami dan menganalisis informasi baru.
 Orang menggunakan hati mereka dan kepala mereka ketika mengambil keputusan.

Kreativitas
 Menurut sejumlah peneliti, orang-  orang yangberada dalam suasana hati  yang baik
lebih kreatif dibandingkan  orang-orang yang berada dalam  suasana hati yang buruk
 Mereka menghasilkan lebih banyak  ide, dan cenderung dapat  mengidentifikasi
lebihbanyak pilihan  kreatif terhadap masalah.

Sikap Kerja
 Beberapa penelitian menunjukkan  bahwaorang-orang yang mempunyai  hari baik
ditempat kerja cenderung  berada dalam suasana hati yang lebih  baik di rumah
pada malamnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Blog Archive

LATEST POSTS

CB Blogger Lab

JASA SEO CB

jam ayam

CONTOH BLOG

JASA SEO CB

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *