Penulisan Direct Request
PERTEMUAN
KE 7
BAB 8
Penulisan Direct Request
A. Penulisan Direct
Request
Ketika
audiens mulai tertarik dengan apa yang kita sampaikan atau mulai ada interaksi
dengan komunikator, maka pesan-pesan bisnis sebaiknya disampikan melalui
pendekatan langsung (direct approach). Organisasi direct request mencakup
pembukaan, penjelasan rinci dan penutup.
Sajikan
permintaan atau ide-ide pokok (main idea) yang diikuti dengan fakta-fakta yang
perlu secara rinci, yang selanjutnya diikuti dengan pernyataan dan tindakan
nyata yang diinginkan.
- Pembukaan (kemukakan apa permintaan
anda)
- Penjelasan rinci (berikan penjelasan
secara rinci sebagai pendukung alinea pembukaan)
- Penutup (kemukakan permintaan
terhadap tanggapan khusus)
B. Permintaan Informasi
Rutin
Surat-surat
permintaan rutin layak memperoleh perhatian dengan bijaksana. Dalam membuat
surat permintaan perlu diperhatikan tiga pertanyaan berikut ini:
- Apa yang ingin diketahui?
- Mengapa hal tersebut perlu
diperhatikan?
- Mengapa hal ini dapat membantu?
Dalam kaitannya
dengan direct request dapat berasal dari dalam maupun luar organisasi.
C. Menulis Direct
Request untuk Pengaduan
Istilah
surat pengaduan (claim letter) dan surat penyesuaian (adjustment letter) yang
berkaitan dengan ketidak puasaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa, bagi
kebanyakan orang adalah kata-kata yang kurang menyenangkan.
Konsumen yang
tidak puas mungkin akan melakukan beberapa hal antara lain yaitu:
- Pengembalian barang yang sudah dibeli
dan meminta uang kembali seharga tersebut (refund)
- Meminta pengiriman barang yang baru
sesuai dengan pesanan.
- Penggantian sebagian atau seluruh
bagian yang rusaka
- Perbaikan gratis
- Pengurangan harga karena produknya
ada yang cacat atau rusak
- Pembetulan atas kesalahan penagihan
produk
- Koreksi atas kesalahan dalam nota
pembayaran
- Penjelasan atas perubahan kebijakan
atau prosedur
D. Surat Undangan,
Pesanan dan Reservasi
Pada
umunya pendekatan yang digunakan dalam menyusut surat undangan, pesanan dan
reservasi adalah pendekatan langsung (direct approach)
1) Surat Undangan (ide pokok, penjelasan
rinci, penutup)
2) Surat Pesanan dan Reservasi
E. Permintaan Kredit
Permintaan
kredit umunya ada dua tahap yaitu mengisi formulir yang telah disediakan oleh
lembaga perkreditan dan mengirmkan/melampirkan berbagai data pendukung penting
yang diperlukan dalam proses.
BAB
9
Penulisan
Permintaan Pesan-Pesan Rutin dan Positif
A.
Strategi
penulisan permintaan pesan-pesan positif adalah dengan pendekatan langsung (direct approach). Pengorganisasian
pesan-pesan good-news dalam dunia bisnis umumnya sama yaitu menggunakan pola
langsung dan deduktif.
Rotine Messeges
(pesan rutin)
Good-News
(Berita/Kabar baik)
Pembukaan :
Pernyataan ide pokok (main idea)
Pembukaan :
Pernyataan Good-news
Pertengahan/isi
: Penjelasan rinci
Pertengahan/isi
: Penjelasan rinci
Penutup :
Mengingatkan kembali ide pokok atau mencakup pemikiran penutup yang
berorientasi kedepan
Penutup :
Mengingatkan kembali good-news atau mencakup pemikiran penutup yang
berorientasi ke depan
Keunggulan:
v Meningkatkan
pemahaman secara komprehensif (menyeluruh) ketika pertama kali membaca suatu
pesan
v Menekan
pada hasil analisa yang telah anda lakukan
v Menghemat
waktu bagi pembaca
Kelemahan
v Orang
cenderung menyampaikan suatu pesan berdasarkan cara berfikirnya
v Kesulitan
mengubah cara berfikir yang cenderung “to the point” hal ini terkait pada pola
pendidikan sebelumnya yang telah diajarkan.
B. Pesan-pesan
Good-News dan Goodwill
Adalah
pesan-pesan bisnis yang memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada pihak
lain
v Good-news
tentang pekerjaan
v Good-news
tantang produk
Pesan-pesan
Goodwill adalah perasaan positif yang mendorong orang untuk tetap menajaga
hubungan bisnis lebih baik. Pesan goodwill disampaikan melalui pemberian ucapan
selamat kepada karyawan seperti: naik jabatan dll.
C. Menulis Jawaban
Positif
Untuk memberi
jawaban atas berbagai permintaan informasi yang positif tersebut, dapat
digunakan pendekatan langsung yang dimulai dengan pernyataan yang positif dan
menyenangkan, dan diakhiri dengan pernyataan hormat atau penghargaan pada orang
lain.
1) Surat konfirmasi pesanan
Surat konfirmasi
(confirmation letter) diperlukan apabila terdapat pesanan produk dalam jumlah
dan nilai yang cukup besar. Sebaliknua apabila nilai pesanannya relative kecil
maka tidak diperlukan confirmation letter.
2) Menjawab permintaan informasi
Setiap
permintaan itu penting baik dari dalam atau luar organisasi. Pendapat orang
lain tentang organisasi akan dipengaruhi oleh bagaimana kesigapan dalam dalam
menangani permintaan tersebut.
·
Menjawab
permintaan dengan penjualan potensial
Pelanggan
prospektif sering meminta laporan tahunan, katalog atau brosur untuk membantu
dalam pengambilan keputusan tentang suatu produk melalui periklanan. Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam menjawan permintaan informasi potensial sales
yaitu (1) memberi tanggapan terhadap semua permintaan dan menjawab semua
pertanyaan, (2) mendorong penjualan yang akan datang, dan (3) memberika kesan
yang baik terhadap pelanggan dengan memberikan tanggapan yang baik dan tambahan
informasi produk terbaru.
·
Menjawab
permintaan tanpa penjualan
Bentuk jawaban
lain atas permintaan yang berasal dari luar organisasi dapat dilakukan dengan
(1) menjawab semua pertanyaan dengan jujur dan lengkap, dan (2) memberikan
kesan yang baik dan menyenangkan terhadap pelanggan.
D. Menangani
Permintaan Kredit Rutin
Pertumbuhan
ekonomi tidak terlepas dengan masalah kredit. Para pelaku bisnis sering membawa
dompet berisikan kartu kredit dari berbagai lembaga perbankan. Melalui kartu
kredit inilah para pelaku bisnis dapat memperoleh kemudahan layanan pembayaran.
Kredit pada
dasarnya adalah bentuk kepercayaan yang diberikan lembaga keuangan bank maupun
non bank
1) Persetujuan Kredit ( Credit Approval )
2) Referensi Kredit
Ada dua hal yang
perlu diperhatikan dalam surat rekomendasi kredit (credit reference) yaitu (1)
permohonan surat rekomendasi harus resmi atau disahkan (2) nyatakan sesuai
dengan fakta yang ada, dangan dibuat-buat.
E. Surat
Rekomendasi dan Pemberitahuan
Surat
rekomendasi merupakan salah satu bentuk informasi positif yang berkaitan erat
dengan orang. Beberapa karakteristik surat rekomendasi antara lain:
1) Nama lengkap pemohon (untuk keperluan
melanjutkan studi atau mencari kerja)
2) Pekerjaan atau manfaat yang diharapkan
3) Penulis sedang menjawab suatu permohonan
atau atas inisiatif sendiri
4) Hakikat hubungan antara penulis dan
pemohon
5) Fakta-fakta yang relevan dengan
posisi/kedudukan yang dicari
Surat
rekomendasi biasanya bersifat rahasia sehingga pemohon tidak diperkenankan
melihat isi surat rekomendasi tersebut. Pada umumnya surat rekomendasi dikirim
langsung ke tenpat tujuan yang dikehendaki oleh pemohon
0 komentar:
Posting Komentar