BERBICARA UNTUK KEPERLUAN AKADEMIK
PERTEMUAN 12
BAB
9
“BERBICARA
UNTUK KEPERLUAN AKADEMIK”
B. Seminar
Sebelum kita melihat bagaimana membuat sebuah seminar yang baik, baiklah kita
perjelas dahulu apa yang dimaksud dengan seminar dalam tulisan ini.
Yang pertama adalah apa tujuan seminar. Seminar di sini adalah untuk mengeksplorasi sebuah ide. Dengan demikian seminar berbeda dengan pelatihan, di mana di dalam pelatihan, ada sebuah keahlian yang dibawakan oleh seorang yang menguasainya dan di dalam pelatihan terjadi transfer ilmu.
Yang kedua adalah bagaimana peran orang yang ikut di dalam seminar. Seminar adalah satu pertemuan di mana semua para pesertanya terlibat aktif. Di dalam seminar yang dimaksud ini, tidak ada pembicara dan peserta, seperti yang dikenal dalam seminar pada umumnya. Tidak ada perbedaan antara pembicara dan peserta. Dengan demikian seminar dibedakan dari kuliah, di mana ada seorang rektor membawakan suatu tema atau ide, dan peserta kuliah mendengarkan dan bertanya. Rektor adalah seseorang yang menguasai tema tersebut, sedangkan peserta adalah orang yang mempelajari tema tersebut.
Yang pertama adalah apa tujuan seminar. Seminar di sini adalah untuk mengeksplorasi sebuah ide. Dengan demikian seminar berbeda dengan pelatihan, di mana di dalam pelatihan, ada sebuah keahlian yang dibawakan oleh seorang yang menguasainya dan di dalam pelatihan terjadi transfer ilmu.
Yang kedua adalah bagaimana peran orang yang ikut di dalam seminar. Seminar adalah satu pertemuan di mana semua para pesertanya terlibat aktif. Di dalam seminar yang dimaksud ini, tidak ada pembicara dan peserta, seperti yang dikenal dalam seminar pada umumnya. Tidak ada perbedaan antara pembicara dan peserta. Dengan demikian seminar dibedakan dari kuliah, di mana ada seorang rektor membawakan suatu tema atau ide, dan peserta kuliah mendengarkan dan bertanya. Rektor adalah seseorang yang menguasai tema tersebut, sedangkan peserta adalah orang yang mempelajari tema tersebut.
a. Ruang
Seminar
Ruang seminar yang memadai adalah sebuah ruang yang
memungkinkan interaksi aktif selurah peserta seminar. Sebuah meja bundar besar
adalah sebuah contoh yang baik. Atau kursi yang disusun dengan melingkar.
Ruangan tentu saja harus cukup tenang dan cukup terang untuk memberikan iklim
yang enak untuk berseminar. Adanya sebuah papan tulis dapat membantu.
b. Peserta
Untuk berjalannya sebuah seminar dengan baik, semua
peserta adalah bukan kertas kosong yang menunggu diisi, seperti halnya kuliah.
Mereka harus sudah membaca tentang tema yang akan diseminarkan. Mereka bisa
membuat sebuah esei pendek tentang tema yang diseminarkan. Bila yang diseminarkan
adalah sebuah teks, teks tersebut telah dibaca secara analitis, ditandai,
disertai tanggapan dan kritik. Dengan terlebih dahulu membaca tentang tema yang
akan diseminarkan, mereka telah mengolahnya di dalam kepala mereka. Mereka
telah memiliki bayangan akan apa yang diseminarkan. Kertas di tangan yang
berisi ringkasan tema yang diseminarkan menurut masing-masing peserta, akan
memandu mereka nantinya di dalam seminar.
c. Moderator
Seorang moderator di dalam seminar berbeda dengan
seorang lektor di dalam kuliah. Ia bukanlah seorang yang memberikan pelajaran,
melainkan orang yang mengarahkan jalannya seminar. Semestinyalah seorang
moderator adalah orang yang paling senior dalam tema yang akan diseminarkan.
Ini bukan berarti pendapatnyalah yang paling benar. Senioritas dalam penguasaan
materi semata-mata untuk mengarahkan seminar, karena ia mestinya yang paling
tahu tentang seluk beluk tema yang diseminarkan.
Peran seorang moderator ada dua: mengarahkan
(directing) dan memoderasi (moderating). Dalam mengarahkan, ia menjaga agar
seminar tidak melenceng dari tema. Dengan memoderasi, ia menjaga agar tidak ada
satu orang atau satu ide tertentu yang terlalu mendominasi seminar sehingga
seluruh tema seminar tidak tereksplorasi dengan baik.
Sebelum seminar, seorang moderator harus telah membaca
tema yang akan diseminarkan, menyiapkan catatan tentang tema tersebut,
menentukan kata-kata kunci, dan menyusun pertanyaan-pertanyaan kunci yang
nantinya akan ditanyakan di dalam seminar. Di awal seminar ia dapat menuliskan
terlebih dahulu poin-poin yang akan didiskusikan atau menggambarkan sebuah
diagram yang mencerminkan ide yang akan didiskusikan.
Seorang moderator yang baik haruslah seorang
pendengar dan pembicara yang baik. Ia mampu menangkap maksud sebuah pembicaraan
dan membuatnya lebih jelas. Ia mampu memparafrasekan sebuah pertanyaan menjadi
pertanyaan lain yang lebih jelas. Mengingat beratnya tugas seorang moderator,
sebaiknya seorang moderator tidak memimpin sebuah seminar lebih dari satu kali
dalam sehari.
d. Jalannya seminar
Seminar dimulai dengan pengantar singkat dari
moderator, dan langsung dilanjutkan dengan pertanyaan kunci yang dibahas oleh
semua peserta secara bergiliran.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya
seminar berjalan baik:
1. Seminar adalah sebuah diskusi dua arah. Tidak ada
seorang yang lebih mendominasi pembicaraan.
2. Seminar bisa dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan
yang sudah jelas ada jawabannya, lalu mengarah ke pertanyaan-pertanyaan lain
yang lebih dalam dan tidak jelas jawabannya. Pertanyaan jenis kedualah yang
memberikan manfaat terbesar. Tidaklah banyak pertanyaan yang seperti demikian.
3. Semua pertanyaan dan pernyataan dinyatakan dengan
jelas
4. Masih berhubungan dengan poin pertama, setiap
pertanyaan haruslah jelas sebelum ditanggapi dengan jawaban. Penanggap berhak
meminta penjelasan lebih lanjut atas pertanyaan sebelum ia menjawab. Tanggapan
tentunya juga harus relevan dengan pernyataan. Moderator juga harus
memperhatikan ini.
5. Sebuah pertanyaan bisa dilihat sebagai jembatan
kepada pertanyaan lain yang lebih mendasar. Hanya dengan cara demikian sebuah
seminar dapat memberikan manfaat lebih.
6. Bila ada istilah yang sama, tetapi dipakai dengan
arti yang berbeda oleh beberapa orang, moderator harus menunjukkan itu dan
membuat kesepakatan dalam arti apa istilah itu dipakai sebelum melanjutkan
seminar.
7. Etiket harus diperhatikan dalam sebuah seminar,
seperti halnya di sebuah meja makan. Bahasa harus santun dan tidak merendahkan.
Moderator terlebih harus memberikan contoh yang dapat diikuti oleh peserta yang
lain. Bukan berarti seminar tidak bisa dilakukan dengan ringan dan diiringi
tawa, namun canda dan tawa dilakukan dengan wajar dan memberi makna di dalam
seminar. Tidak ada yang lebih membantu untuk mengingat ketimbang ide-ide
kreatif yang kadang membangkitkan tawa.
8. Seminar adalah sebuah tempat untuk menggodok ide.
Ia bukanlah tempat untuk membenarkan diri. Setiap orang harus kritis namun
menerima bila ada pendapat yang lebih baik. Di dalam seminar semua orang
memiliki posisi yang sama.
9. Sebuah seminar yang baik tidaklah harus
menghasilkan sebuah kesimpulan tunggal. Setiap orang bisa pulang dengan
pendapatnya masing-masing. Yang terpenting adalah mata mereka lebih terbuka,
mereka telah melihat ide-ide baru yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh
mereka.
Demikianlah sebuah seminar Sokratik sebaiknya dilaksanakan. Dengan seminar seperti ini, semua peserta dapat mengambil manfaat. Sebuah seminar yang baik seperti ini dapat memberi manfaat seumur hidup yang mengendap sebagai manfaat terbaik yang dapat diberikan oleh sebuah pendidikan.
Demikianlah sebuah seminar Sokratik sebaiknya dilaksanakan. Dengan seminar seperti ini, semua peserta dapat mengambil manfaat. Sebuah seminar yang baik seperti ini dapat memberi manfaat seumur hidup yang mengendap sebagai manfaat terbaik yang dapat diberikan oleh sebuah pendidikan.
C. Berpidato
Dalam Situasi Formal
Kegiatan
berbicara formal adalah kegiatan berbicara yang dilakukan dalam situasi atau
acara-acara formal. Berbicara formal dikelompokkan menjadi dua yaitu monolog
dan dialog. Berbicara monolog adalah berbicara satu arah, artinya dalam
kegiatan berbicara tersebut tidak terjadi interaksi antara pembicara dengan
pendengar.Kegiatan berbicara yang bersifat monolog; pidato/sambutan dan memandu.
Memandu dapat berupa memandu acara atau mewara dan memandu wisatawan. Kegiatan
berbicara yang bersifat dialog; wawancara dan diskusi. Diskusi memiliki ragam
antara lain seminar dan symposium (pertemuan dengan beberapa pembicara yang
mengemukakan pidato singkat tentang topik tertentu atau tentang beberapa aspek
dari topik yang sama)
Untuk memperoleh keterampilan berbicara formal diperlukan penguasaan terhadap faktor-faktor yang menentukan keberhasilan berbicara. Faktor-faktor tersebut adalah faktor kebahasaan dan nonkebahasaan. Faktor kebahasaan meliputi keberaniaan, kelancaran, kenyaringan suara, pandangan, gerak-gerik, penalaran, dan sikap yang wajar.
Untuk memperoleh keterampilan berbicara formal diperlukan penguasaan terhadap faktor-faktor yang menentukan keberhasilan berbicara. Faktor-faktor tersebut adalah faktor kebahasaan dan nonkebahasaan. Faktor kebahasaan meliputi keberaniaan, kelancaran, kenyaringan suara, pandangan, gerak-gerik, penalaran, dan sikap yang wajar.
D. Belajar Mengajar
Proses belajar mengajar tidak terlepas dari tiga komponen utama yaitu; guru,
siswa dan bahan ajar. Proses belajar merupakan interaksi antarberbagai unsur,
dengan unsur utama adalah siswa, kebutuhan berbagai sumber, serta situasi
belajar yang memberikan kemungkinan kegiatan belajar. Meskipun demikian guru
merupakan faktor yang cukup menentukan, seperti melakukan pengembangan bahan
ajar serta perangkat lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar