Silabus Pengantar Ekonomi Pembangun
SILABUS PENGANTAR EKONOMI PEMBANGUNAN
Pembangunan Ekonomi, adalah
pengantar untuk studi tentang keadaan ekonomi dan masalah ekonomi
berpenghasilan rendah dan menengah. Kursus ini mempertimbangkan kontribusi
analisis ekonomi dapat menjelaskan mengapa beberapa negara miskin dan yang lain
kaya. Ini meneliti sejumlah masalah spesifik yang sentral bagi kehidupan
orang-orang yang tinggal di negara berkembang.
Penilaian
kursus
1.
Partisipasi dalam kelas ............................................. ...................
15%
2.
Tugas ...............................................
............................................ 25%
3.
Ujian tengah semester ..............................................
................... 30%
4.
Ujian akhir ..................................................
................................ 30%
Aturan
kuliah
1.
Mahasiswa dan dosen dilarang memakai sandal dan merokok di ruang kelas.
2.
Kelas diberhentikan, jika tanpa pemberitahuan, 20 menit dari jadwal dosen belum
hadir.
3.
Toleransi keterlambatan mengajar untuk siswa adalah 15 menit.
4.
Agar dapat mengikuti ujian akhir semester, siswa harus menghadiri setidaknya
80% dari total kuliah.
5.
Penghubung komunikasi antara dosen dan mahasiswa adalah kepala kelas.
6.
Siswa yang bekerja bersama atau menyontek saat ujian secara otomatis
dikeluarkan dari kelas selama 1 semester dan mendapat nilai E.
Minggu ke
|
Pokok Bahasan
|
Sub pokok bahasan
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Kontrak kuliah
2.
Garis besar kuliah
|
2
|
Makna
pembangunan
|
1.
Definisi pembangunan dan pertumbuhan
ekonomi
2.
Sasaran, manfaat, dan
kerugian pembangunan
3.
Indikator pembangunan
ekonomi
|
3
|
Karakteristik
negara berkembang
|
1.
Defenisi negara-negara
berkembang
2.
Karakteristik negara
berkembang
3.
Ukuran tingkat ekonomi
suatu negara
|
4
|
Faktor
Pembangunan
|
1.
Faktor non ekonomi dalam
pembangunan
2.
Faktor ekonomi dalam
pembangunan
3.
Rasio Output Modal
Tambahan (ICOR)
|
5
|
Perubahan
Struktur Ekonomi dalam pembangunan
|
1.
Perubahan kontribusi
sektor produksi nasional
2.
Perubahan dalam pekerjaan di sektor produksi
|
6
|
Hambatan
pembangunan
|
1.
Hambatan pembangunan dari
dalam negeri
2.
Hambatan pembangunan dari
luar negeri
|
7
|
Presentasi tugas kelompok
|
|
8
|
UTS |
|
9
|
Persyaratan
dasar pembangunan
|
1.
Enam prasyarat dasar
pembangunan
2.
Aplikasi untuk Indonesia
|
10
|
Penghasilan
per kapita sebagai indeks kesejahteraan
|
1.
Beberapa kelemahan
pendapatan per kapita sebagai indeks kesejahteraan
2.
Memperbaiki cara
membandingkan kesejahteraan
|
11
|
Pertumbuhan,
kemiskinan, dan pemerataan pembangunan
|
1.
Pertumbuhan
2.
Kemiskinan
3.
Konsep dasar ukuran
ekuitas pendapatan
|
12
|
Modal
manusia: Pendidikan dan Kesehatan dalam Pembangunan Ekonomi
|
1.
Peran sentral pendidikan
dan kesehatan
2.
Investasi dalam
pendidikan dan kesehatan
3.
Pekerja anak
4.
Kesenjangan gender:
diskriminasi dalam pendidikan dan kesehatan
|
13
|
Kebijakan
ekonomi dalam pembangunan
|
1.
Kebijakan moneter
2.
Kebijakan fiskal
|
14
|
Sumber
Pembiayaan Pembangunan
|
1.
Sumber pembiayaan dari
dalam negeri
2.
Sumber pembiayaan dari
luar negeri
|
15
|
Presentasi kelompok
|
|
16
|
UAS
|
Course grades
Grades
|
Alphabet
|
weight
|
85-100
|
A
|
4
|
80-84
|
A-
|
3,75
|
75-79
|
B+
|
3,5
|
70-74
|
B
|
3
|
65-69
|
B-
|
2,75
|
60-64
|
C+
|
2,5
|
55-59
|
C
|
2
|
45-54
|
D
|
1
|
0-44
|
E
|
0
|
Reference
1.
Michael P. Todaro dan Stephen C. Smith. 2012. Economic Development 11th
Edition. Pearson, New York.
TUGAS
UNTUK MAHASISWA
MATA
KULIAH PENGANTAR EKONOMI PEMBANGUNAN
A.
Tugas Individu
·
Mahasiswa membuat essai mengenai kasus-kasus yang terkait dengan materi
ekonomi pembangunan.
·
Tugas essai pertama terkait dengan materi perkuliahan sepanjang periode
pertengahan semester.
·
Tugas essai kedua terkait dengan materi perkuliahan sepanjang periode
akhir semester.
·
Struktur essai terdiri dari pendahuluan (latar belakang, rumusan
masalah, dan tujuan), pembahasan, dan impilkasi kebijakan.
·
Aturan penulisan essai sebagai berikut:
1.
Ditulis dengan huruf time news roman font 12
2.
Diketik dalam format kertas A4
3.
Menggunakan spasi 1.5 dan margin 3
4.
Melampirkan artikel kasus yang dijadikan sebagai rujukan tulisan
5.
Tulisan paling minimal 3 halaman dan paling banyak 5 halaman diluar
cover dan lampiran
B.
Tugas Kelompok
·
Kelas dibagi menjadi 8 kelompok
1.
Tugas di setiap pertemuan perkuliahan sepanjang semester
Ø
Tugas berupa survei lapangan terkait dengan kondisi pembangunan ekonomi
di Provinsi Bengkulu
Ø
Masing-masing kelompok bebas menetukan tema project yang dikerjakannya
Ø
Hasil tugas berupa video yang akan dipresentasikan pada setiap pertemuan
kuliah berdasarkan urutan tampil yang telah diundi sebelumnya.
2.
Tugas Pra-ujian tengah semester
Ø
Tugas browsing internet tentang suatu negara yang akan dipresentasikan
dan didiskusikan dikelas.
Negara-negara tersebut dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok
negara berkembang dan kelompok negara maju.
·
kelompok I : developing country
(pilih: Turki, Vietnam, India, Malaysia, Brazil, Haiti, Afrika Selatan,
Meksiko, Maroko, Saudi Arabia)
·
kelompok II : developed country
(pilih: Finlandia, Denmark, Jepang, Hongkong, Korea Selatan, Australia, Kanada,
Inggris, Singapura)
Pengelompokkan negara di undi di kelas, 4 kelompok untuk negara
berkembang dan 4 kelompok untuk negara maju.
Ø
Tugas dibuat dalam bentuk makalah yang berupa informasi asli dari
internet dan resumenya.
Ø
Tugas dipresentasikan dalam bentuk powerpoint
Ø
Tugas dikumpulkan dan dipresentasikan seminggu sebelum UTS dan seminggu
sebelum UAS
§
Informasi yang dicari untuk tugas kelompok pra ujian tengah semester dan
ujian akhir semester:
i.
Ibukota negara, luas wilayah, jumlah penduduk, GNP, GDP, pendapatan
perkapita, komoditi ekspor dan impor.
ii.
Faktor sosial: Tingkat buta huruf, Indeks Pembangunan Manusia, dan
Budaya.
iii. Faktor penghambat pembangunan
iv. Faktor pendukung pembangunan
v.
Foto kondisi negara yang dipilih (minimal 4)
0 komentar:
Posting Komentar