Komunikasi Bisnis Lintas Budaya
PERTEMUAN
KE-5
BAB 4
Komunikasi Bisnis Lintas Budaya
A. Pengertian
Komunikasi Bisnis Linta Budaya
Komunikasi
bisnis linta budaya adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis baik
komunikasi verbal maupun non-verbal dengan memperhatikan factor-faktor budaya
di suatu daerah, wilayah atau negara.
A. Pentingnya
Komunikasi Bisnis Lintas Budaya
Komunikasi
bisnis lintas budaya kini semakin penting Karena du berbagai belahan dunia kini
bermunculan suatu pola kerja sama ekonomi secara regional seperti kawansan ASEAN,
Asia Pasific, Eropa, Kanada, Amerika Utara dan Amerika lain.
B. Memahami Budaya
dan Perbedaannya
Setiap
negara tentu memiliki budaya sendiri yang berbeda dengan negara lain. Pemahaman
terhadap budaya dan perbedaanya menjadikan modal penting pada saat akan menjadi
hubungan kerja sama.
1)
Definisi budaya
menurut Lehman , Himstreet dan Baty, budaya diartikan sebagai sekumpulan
pengalaman hidup yang ada dalam masyarakat mereka sendir
2)
Komponen Budaya
Budaya
memiliki beberapa komponen yaitu budaya material, lembaga social, system
kepercayaan, estetika dan Bahasa
3)
Tingkatan Budaya
Terdapat
tiga tingkatan budaya yaitu:
Ø Formal
Ø Informal
Ø Teknis
4)
Mengenal
Perbedaan Budaya
Mengenal
perbedaan budaya suatu negara merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi secara
efektif. Perbedaan budaya dapat dilihat dari :
Ø Nilai-nilai
social
Ø Peran
dan status
Ø Pengambilan
keputusan
Ø Konsep
waktu
Ø Konsep
jarak komunikasi
Ø Konteks
budaya
Ø Bahasa
tubuh
Ø Perilaku
social
Ø Perilaku
etis
Ø Perbedaan
budaya perusahaan
C. Komunikasi
dengan Orang Berbudaya Asing
Ketika anda
ingin pergi keluar negeri, anda harus siap menghadapi budaya yang sama sekali
berbeda dengan budaya anda sendiri.
0 komentar:
Posting Komentar