Senin, 18 Februari 2019

Silabus Akuntansi Sektor Publik


SILABUS
AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK
Dosen Pengampu: Dr. E. Lismawati, SE. M.Si. Ak. CA

A.    Deskripsi
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsep akuntansi sektor publik,  profesi akuntan sektor publik dan proses akuntansi sektor publik; mahaiswa juga memiliki kemampuan untuk menjelaskan pendekatan dan teknik-teknik akuntansi sektor publikyang tepat dalam setting lingkungan penugasan dan karakteristik kondisi akuntan sektor publik yang berbeda; dapat menyusun program kerja  dalam rangka pembuatan laporan keuangan sektor publik;
Mahasiswa memahami teknik-teknik yang digunakan dalam siklus-siklus transaksi akuntansi sektor publik. Dalam garis besarnya siklus-siklus transaksi mencakup siklus pendapatan (revenue cycle), siklus pengeluaran (expenditure cycle), siklus konversi (conversion cycle), dan siklus pendanaan dengan penginvestasian (financing and investing cycle). Pemahaman fungsi akuntansi sektor publik, dokumen-dokumen, dan catatan-catatan (memahami system informasi akuntansi) dari setiap siklus merupakan langkah yang harus dilakukan lebih dahulu sehingga laporan keuangan organisasi sektor publik yang handal dapat di sajikan.

B. Model Pembelajaran
Mata kuliah ini diselenggarakan dengan menggunakan 3 model pembelajaran dari model pembelajaran yang tersedia dalam model pembelajaran KBK KKNI, yaitu ”Contextual Instruction”, ”Small Group Discussion”, dan ”Cooperative Learning”.  Ketiga model pembelajaran ini melibatkan mahasiswa secara aktif mengembangkan pengetahuan dan membuat mahasiswa menjadi pusat pembelajaran. Metode Contextual Instruction, mengharuskan mahasiswa membahas konsep dan teori yang diajarkan dosen dan menghubungkannya dengan fakta di lapangan atau fakta di organisasi / perusahaan. Small Group Discussion, mengharuskan mahasiswa kelas membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara dan presentasi. Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan rencana materi kuliah berikutnya. Cooperative Learning,  mengharuskan mahasiswa secara berkelompok membahas dan mengumpulkan masalah/tugas/kasus yang diberikan oleh dosen termasuk didalamnya tugas tentang praktek di organisasi sektor publik.
  
C. Buku Acuan Utama
Akuntansi Sektor Publik, oleh prof. Dr. Mardiasmo, Penerbit YKPN Jokjakarta
Buku pengarang lainnya yang membahas Akuntansi Sektor Publik.

D. Pelaksanaan Perkuliahan dan Penilaian
Kuliah ini akan dilaksanakan dalam waktu 14 kali tatap muka.
Terdiri dari 7 pertemuan sebelum Ujian Tenah Semester (UTS) dan 7 pertemuan setelah UTS.
Evaluasi terhadap prestasi mahasiswa dilaksanakan dalam 2 kali ujian yaitu UTS dan UAS .
Komposisi Penilaian: Absen (10%), Tugas  (20%),  UTS (35%), dan UAS (35%).
Grade nilai terdiri dari:
 Nilai A (85-100), Nilai A- (80-84)), Nilai B+ (75-79), Nilai B (70-74), Nilai B- (65-69), Nilai C+ (60-64), Nilai C (55-59), Nilai D (46-54) dan Nilai E (0-44).
 Nilai A, A-, B+,B, B-, C+ dan C lulus,Nilai D dan E tidak lulus dan wajib diulang.  


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

Mata Kuliah
: Akuntansi Sektor Publik
Semester
: IV (Empat)
Kode
: EKA 223
Prodi
:Akuntansi.
Dosen
: Dr. E. Lismawati, SE. M.Si. Ak. CA
SKS
: 3 SKS
Kompetensi
:Mahasiswa mampu melakukan praktek kerja di lingkungan organisasi sektor publik sampai akhirnya mampu menyususn laporan keuangan organisasi sektor publik.
(1)
Tatap Muka Ke
(2)
Kemampuan Akhir
Yang Diharapkan
(3)
Materi
Pembelajaran

(4)
Bentuk
Pembelajaran
(5)
Kriteria (Indikator) Penilaian
(6)
Bobot
Nilai
1
Mahasiswa mampu menjelaskan  karakteristik dari akuntansi sektor publik.
Karakteristik Akuntansi Sektor Publik.

Contextual Instruction
Dosen:
·   Menjelaskan karakteristik akuntansi sektor publik dan menghubungkannya dengan praktek khusus nya di lembaga / organisasi sektor publik. Serta memberi penjelasan hubungan akuntansi sektor public dan akuntansi serta perbedaannya.
·   Memberi tugas  untuk bahan diskusi pada pertemuan berikutnya.
·   Menjelaskan betapa menariknya profesi akuntan sektor public.
·   Memberi tugas bagi mahasiswa dalam presentasi pada tatap muka berikutnya.
Mahasiswa:
·   Di dalam kelas membahas konsep dan karakteristik organisasi sektor publik dan menghubungkannya dengan situasi nyata di organisasi yang diamati, atau di organisasi /perusahaan  tempat bekerja. Mahasiswa menceritakan karakteristik akuntansi sektor publik  sesuai dengan pemahamannya. Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan mempelajari materi pada pertemuan / kuliah berikutnya.
·  Peserta didik 100% mampu membedakan  ASP dengan akuntansi.
·  Peserta didik 100% mampu memahami konsep teori dan paraktik ASP

3%
2
Mahasiswa mampu  menjelaskan , memahahami kerangka konseptual akuntansi sektor public.
Kerangka konseptual akuntansi sektor public
Small Group Discussion
Dosen: 
·   Mengumpulkan dan membahas tugas  sebelumnya di kelas serta memberi tahu nilai/ kemampuan mahasiswa dalam menjawab tugas tersebut.
·   Menjelaskan kerangka konseptual akuntansi sektor publik  dan .memberi solusi atas semua keingin tahuan (curiosity) mahasiswa tentang profesi akuntan sektor publik.
·   Memberi pertanyaan tentang materi tatap muka sebelumnya sehingga mahasiswa dapat menghubungkannya dengan materi saat ini.
·   Memberi tugas kepada mahasiswa sebagai penyaji dalam pertemuan pertemuan berikutnya.
Mahasiswa:
·   Di dalam kelas membahas kerangka konseptual akuntansi sektor publik.
·   Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah minggu berikutnya.
·  Peserta didik 100% mampu  memjelaskan  kerangka konseptual akuntansi sektor  publik secara singkat.. 
·  Peserta didik 100%  mengusasi materi kuliah yang dibahas pada perkuliahan sebelumnya dan sudah mereview materi kuliah yang akan dibahas pada perkuliahan hari ini.
5%
3
Mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui apa itu  standar/ prinsip akuntansi sektor public sehingga mahasiswa dapat menerapkan standar tersebut dalam rangka penyusunan laporan  keuangan sektor public.
Standar/ Prinsip akuntansi sektor publik .
Small Group Discussion
Dosen:
·    Merancang bahan diskusi tentang  “ Standar akuntansi sektor publik” untuk diskusi mahasiswa dikelas.
·   Sebagai  moderator dan memberi kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·   Menjelaskan betapa menariknya profesi akuntan sektor publik.
Mahasiswa:
·    Didalam kelas membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara dan presentasi.
·   Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah minggu berikutnya.
·  Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua anggota kelompok  memberikan pendapat.
·  Peserta didik masih mengusasi materi kuliah yang dibahas pada perkuliahan sebelumnya dan sudah mereview materi kuliah yang dibahas pada perkuliahan hari ini.
5%
4
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan  penganggaran, proses penganggaran dalam ruang lingkup organisasi sektor poblik.
Penganggaran sektor public.
Small Group Discussion
Dosen:
·   Merancang bahan diskusi tentang “ Penganggaran Sektor Publik ” untuk diskusi mahasiswa dikelas.
·   Membeikan tugas yang akan di kumpul kan pada pertemuan berikutnya (dan mebahasnya di kelas)
·   Menjadi moderator dan memberi kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
Mahasiswa:
·   Di dalam kelas membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara dan presentasi.
·   Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah minggu berikutnya.
·  Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua anggota kelompok  memberikan pendapat.
·  Peserta didik  masih mengusasi materi  pada perkuliahan sebelumnya dan sudah mereview materi kuliah yang dibahas pada perkuliahan hari ini.
3%
5
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan elemen dalam struktur APBN/APBD dan mampu membedakan kedua  anggaran tersebut .
Struktur APBN /APBD
Small Group Discussion
·   Dosen:
·   Merancang bahan diskusi tentang  “APBN/APBD” untuk diskusi mahasiswa dikelas.
·   Menjadi moderator dan memberi kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·   Mengulas materi pertemuan yang lalu.
·   Mahasiswa: didalam kelas membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara dan presentasi.
·    Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah minggu berikutnya.
·  Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua anggota kelompok  memberikan pendapat.
·  Peserta didik  masih tetap  mengusasi materi kuliah yang dibahas pada perkuliahan sebelumnya
5%
6
Mahasiwa mampu memahami :
Seluk beluk akuntani keuangan daerah dan penyelenggaraan nya.


Akuntansi KEuangan Daerah
Small Group Discussion
Dosen:
·   Merancang bahan diskusi tentang  “ Akuntansi Keuangan Daerah”
·   Menjadi moderator dan memberi kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·    Mengulas materi pertemuan yang lalu.
·   Memberi tugas untuk di kumpulkan dan di bahas pada pertemuan berikutnya.
Mahasiswa:
·   didalam kelas membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara dan presentasi.
·    Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah pada tatap muka berikutnya.
·  Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua anggota kelompok  memberikan pendapat.
·  Peserta didik  masih mengusasi materi kuliah yang dibahas pada perkuliahan sebelumnya
5%
7-8
Mahasiswa mampu  memahami:
Seluk beluk laporan keuangan sektor public dan mampu menyususn laporan keuangan sektor public.
Laporan Keuangan sektor public dan penyusunan laporan keuangan sektor publik
Small Group Discussion
Dosen: Merancang bahan diskusi tentang  “Laporan Keuangan sektor public dan penyusunan laporan keuangan sektor publik ’.
·   Menjadi moderator dan memberi kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·    Mengulas materi pertemuan yang lalu.
·   Memberi tugas untuk di kumpulkan pada pertemuan berikutnya dan sekaligus membahasnya.
     Mahasiswa:
·    Di dalam kelas membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara dan presentasi.
·   Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya.
·  Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua anggota kelompok  memberikan pendapat.
·  Mahasiswa masih mengingat dengan baik materi  pertemuan pertemuan sebelumnya.
10%
9
Mahasiswa mampu :
Menjelaskan bagaimana  cara mengukur kinerja organisasi sektor public.
Pengukuran kenerja sektor public

Small Group Discussion
    Dosen:
·   Merancang bahan diskusi tentang  “Pengukuran kenerja sektor publik’.
·   Menjadi moderator dan memberi kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·    Mengulas materi pertemuan yang lalu.
    
Mahasiswa:
·    Di dalam kelas membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara dan presentasi.
Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya.

·  Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua anggota kelompok  memberikan pendapat.
·  Mahasiswa masih mengingat dengan baik materi  pertemuan pertemuan sebelumnya.
2%
10

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan:
Sistem akuntansi pemerintah pusat
Sistem akuntansi pemerintah pusat
Small Group Discussion
Dosen:
·   Merancang bahan diskusi tentang  “Sistem akuntansi pemerintah pusat’.
·   Menjadi moderator dan memberi kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·    Mengulas materi pertemuan yang lalu.
Mahasiswa:
·   Didalam kelas membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara dan presentasi.
·   Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya.
·  Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua anggota kelompok  memberikan pendapat.
·  Mahasiswa masih mengingat dengan baik materi  pertemuan pertemuan sebelumnya.
5%
11

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan :
Akuntansi organisasi nirlaba

Akuntansi organisasi nirlaba
Small Group Discussion
    Dosen:
·   Merancang bahan diskusi tentang  “ Akuntansi organisasi nirlaba”.
·   Menjadi moderator dan memberi kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·    Mengulas materi pertemuan yang lalu.
·   Menyiapkan suatu masalah/kasus/tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok dalam model pembelajaran Cooperative Learning pada pertemuan berikut

     Mahasiswa:
·   Didalam kelas membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara dan presentasi.
·   Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya.

·  Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua anggota kelompok  memberikan pendapat.
·  Mahasiswa masih mengingat dengan baik materi  pertemuan pertemuan sebelumnya.
5%
12

Mahasiswa mampu :
Memahami  dan menjelaskan :
Akuntansi Badan Layanan Umum.

Akuntansi Badan Layanan Umum
                                                      Cooperative Learning
Dosen:
·   Merancang dan memonitor proses belajar dan hasil belajar kelompok mahasiswa.
·   Menyiapkan suatu masalah/kasus/tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok.
·   Mengulas/merivew materi pertemuan yang lalu lalu.

 Mahasiswa:
·   Secara berkelompok,mahasiswa membahas dan mengumpulkan masalah/kasus/tugas yang diberikan oleh dosen.
·   Di dalam kelas aktif mengkritisi masalah/tugas/kasus tersebut sehingga timbul suasana dialog.
 Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya.

·  Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua anggota kelompok  memberikan pendapat.
·  Mahasiswa masih mengingat dengan baik materi  pertemuan pertemuan sebelumnya.
5%
13-14
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan :

Akuntansi Dana

Akuntansi Dana
                                                        Cooperative Learning
Dosen:
·   Merancang dan memonitor proses belajar dan hasil belajar kelompok mahasiswa.
·   Menyiapkan suatu masalah/kasus/tugas tentang Akuntansi Dana untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok.
·   Mengulas/merivew materi pertemuan yang lalu lalu.

 Mahasiswa:
·   Secara berkelompok,mahasiswa membahas dan mengumpulkan masalah/kasus/tugas yang diberikan oleh dosen.
·   Di dalam kelas aktif mengkritisi masalah/tugas/kasus tersebut sehingga timbul suasana dialog.
·    Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya.

·  Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua anggota kelompok  memberikan pendapat.
·  Mahasiswa masih mengingat dengan baik materi  pertemuan pertemuan sebelumnya.
8%





5%

Disiapkan oleh,


(Nila Aprila, SE.,M.Si.,Ak.,CA.)
Dosen
Diperiksa oleh,


(Dr. Nurna Aziza, SE.,M.Si.,Ak.,CA.)
Ketua Jurusan
Disahkan oleh,


(Dr. Fahruddin JS. Pareke, SE.M.Si.)
Dekan







0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Blog Archive

LATEST POSTS

CB Blogger Lab

JASA SEO CB

jam ayam

CONTOH BLOG

JASA SEO CB

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *