Silabus Akuntansi Sektor Publik
SILABUS
AKUNTANSI
SEKTOR PUBLIK
Dosen Pengampu: Dr. E. Lismawati, SE. M.Si.
Ak. CA
A. Deskripsi
Setelah
mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsep akuntansi sektor
publik, profesi akuntan sektor publik
dan proses akuntansi sektor publik;
mahaiswa juga memiliki
kemampuan untuk menjelaskan pendekatan dan teknik-teknik akuntansi sektor
publikyang tepat dalam setting
lingkungan penugasan dan karakteristik kondisi akuntan sektor publik yang
berbeda; dapat
menyusun program kerja dalam rangka
pembuatan laporan keuangan sektor publik;
Mahasiswa memahami teknik-teknik
yang digunakan dalam siklus-siklus transaksi akuntansi sektor publik. Dalam
garis besarnya siklus-siklus transaksi mencakup siklus pendapatan (revenue cycle), siklus pengeluaran (expenditure cycle), siklus konversi (conversion cycle), dan siklus pendanaan
dengan penginvestasian (financing and
investing cycle). Pemahaman fungsi akuntansi sektor publik,
dokumen-dokumen, dan catatan-catatan (memahami system informasi akuntansi) dari
setiap siklus merupakan langkah yang harus dilakukan lebih dahulu sehingga
laporan keuangan organisasi sektor publik yang handal dapat di sajikan.
B. Model Pembelajaran
Mata kuliah ini
diselenggarakan dengan menggunakan 3 model pembelajaran dari model pembelajaran
yang tersedia dalam model pembelajaran KBK KKNI, yaitu ”Contextual Instruction”, ”Small
Group Discussion”, dan ”Cooperative
Learning”. Ketiga model pembelajaran
ini melibatkan mahasiswa secara aktif mengembangkan pengetahuan dan membuat
mahasiswa menjadi pusat pembelajaran. Metode Contextual Instruction, mengharuskan mahasiswa membahas konsep dan
teori yang diajarkan dosen dan menghubungkannya dengan fakta di lapangan atau
fakta di organisasi / perusahaan. Small
Group Discussion, mengharuskan
mahasiswa kelas
membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian
menjadi juru bicara dan presentasi. Diluar kelas, mereview materi kuliah
sebelumnya dan rencana materi kuliah berikutnya. Cooperative
Learning, mengharuskan mahasiswa secara berkelompok
membahas dan mengumpulkan masalah/tugas/kasus yang diberikan oleh dosen
termasuk didalamnya tugas tentang praktek di organisasi sektor publik.
C. Buku Acuan Utama
Akuntansi
Sektor Publik, oleh prof. Dr. Mardiasmo, Penerbit YKPN Jokjakarta
Buku
pengarang lainnya yang membahas Akuntansi Sektor Publik.
D. Pelaksanaan
Perkuliahan dan Penilaian
Kuliah ini akan
dilaksanakan dalam waktu 14 kali tatap muka.
Terdiri dari 7
pertemuan sebelum Ujian Tenah Semester (UTS) dan 7 pertemuan setelah UTS.
Evaluasi
terhadap prestasi mahasiswa dilaksanakan dalam 2 kali ujian yaitu UTS dan UAS .
Komposisi Penilaian: Absen (10%), Tugas
(20%), UTS (35%), dan UAS (35%).
Grade nilai
terdiri dari:
Nilai A (85-100), Nilai A-
(80-84)), Nilai B+ (75-79), Nilai B (70-74), Nilai B-
(65-69), Nilai C+ (60-64), Nilai C (55-59), Nilai D
(46-54) dan Nilai E
(0-44).
Nilai A, A-, B+,B, B-, C+ dan C lulus,Nilai
D dan E tidak lulus dan wajib diulang.
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah
|
: Akuntansi Sektor Publik
|
Semester
|
: IV (Empat)
|
Kode
|
: EKA 223
|
|||||
Prodi
|
:Akuntansi.
|
Dosen
|
:
Dr. E. Lismawati, SE. M.Si. Ak. CA
|
SKS
|
: 3
SKS
|
|||||
Kompetensi
|
:Mahasiswa
mampu melakukan praktek kerja di lingkungan organisasi sektor
publik sampai akhirnya mampu menyususn laporan keuangan
organisasi sektor publik.
|
|||||||||
(1)
Tatap Muka Ke
|
(2)
Kemampuan Akhir
Yang Diharapkan
|
(3)
Materi
Pembelajaran
|
(4)
Bentuk
Pembelajaran
|
(5)
Kriteria (Indikator) Penilaian
|
(6)
Bobot
Nilai
|
|||||
1
|
Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik dari akuntansi sektor publik.
|
Karakteristik Akuntansi Sektor Publik.
|
Contextual
Instruction
Dosen:
·
Menjelaskan karakteristik
akuntansi sektor publik dan menghubungkannya dengan praktek khusus nya di
lembaga / organisasi sektor publik. Serta memberi penjelasan hubungan
akuntansi sektor public dan akuntansi serta perbedaannya.
·
Memberi tugas untuk bahan diskusi pada pertemuan
berikutnya.
·
Menjelaskan betapa menariknya
profesi akuntan sektor public.
·
Memberi tugas bagi mahasiswa
dalam presentasi pada tatap muka berikutnya.
Mahasiswa:
·
Di dalam
kelas membahas konsep dan karakteristik organisasi sektor publik dan
menghubungkannya dengan situasi nyata di organisasi yang diamati, atau di
organisasi /perusahaan tempat bekerja.
Mahasiswa menceritakan karakteristik akuntansi sektor publik sesuai dengan pemahamannya. Diluar kelas,
mereview materi kuliah sebelumnya dan mempelajari materi pada pertemuan /
kuliah berikutnya.
|
· Peserta didik 100% mampu membedakan ASP dengan akuntansi.
· Peserta didik 100% mampu memahami konsep teori dan paraktik ASP
|
3%
|
|||||
2
|
Mahasiswa mampu
menjelaskan , memahahami kerangka konseptual akuntansi sektor public.
|
Kerangka konseptual akuntansi sektor public
|
Small
Group Discussion
Dosen:
·
Mengumpulkan dan membahas
tugas sebelumnya di kelas serta
memberi tahu nilai/ kemampuan mahasiswa dalam menjawab tugas tersebut.
·
Menjelaskan kerangka konseptual
akuntansi sektor publik dan .memberi
solusi atas semua keingin tahuan (curiosity)
mahasiswa tentang profesi akuntan sektor publik.
·
Memberi pertanyaan tentang
materi tatap muka sebelumnya sehingga mahasiswa dapat menghubungkannya dengan
materi saat ini.
·
Memberi tugas kepada mahasiswa
sebagai penyaji dalam pertemuan pertemuan berikutnya.
Mahasiswa:
·
Di dalam kelas membahas kerangka
konseptual akuntansi sektor publik.
·
Diluar kelas, mereview materi
kuliah sebelumnya dan materi kuliah minggu berikutnya.
|
· Peserta didik 100% mampu memjelaskan
kerangka konseptual akuntansi sektor
publik secara singkat..
· Peserta didik 100%
mengusasi materi kuliah yang dibahas pada perkuliahan sebelumnya dan
sudah mereview materi kuliah yang akan dibahas pada perkuliahan hari ini.
|
5%
|
|||||
3
|
Mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui apa
itu standar/ prinsip akuntansi sektor
public sehingga mahasiswa dapat menerapkan standar tersebut dalam rangka
penyusunan laporan keuangan sektor
public.
|
Standar/ Prinsip akuntansi sektor publik .
|
Small
Group Discussion
Dosen:
·
Merancang bahan diskusi tentang “ Standar akuntansi sektor publik” untuk
diskusi mahasiswa dikelas.
·
Sebagai moderator dan memberi kesimpulan dan point
penting dari topik diskusi.
·
Menjelaskan betapa menariknya
profesi akuntan sektor publik.
Mahasiswa:
·
Didalam kelas membentuk kelompok diskusi,
membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara dan
presentasi.
·
Diluar kelas, mereview materi
kuliah sebelumnya dan materi kuliah minggu berikutnya.
|
· Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua
anggota kelompok memberikan pendapat.
· Peserta didik masih mengusasi materi kuliah yang
dibahas pada perkuliahan sebelumnya dan sudah mereview materi kuliah yang
dibahas pada perkuliahan hari ini.
|
5%
|
|||||
4
|
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan penganggaran, proses penganggaran dalam
ruang lingkup organisasi sektor poblik.
|
Penganggaran sektor public.
|
Small
Group Discussion
Dosen:
·
Merancang bahan diskusi tentang
“ Penganggaran Sektor Publik ” untuk diskusi mahasiswa dikelas.
·
Membeikan tugas yang akan di
kumpul kan pada pertemuan berikutnya (dan mebahasnya di kelas)
·
Menjadi moderator dan memberi
kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
Mahasiswa:
·
Di dalam
kelas membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara
bergantian menjadi juru bicara dan presentasi.
·
Diluar kelas, mereview materi
kuliah sebelumnya dan materi kuliah minggu berikutnya.
|
· Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua
anggota kelompok memberikan pendapat.
· Peserta didik
masih mengusasi materi pada
perkuliahan sebelumnya dan sudah mereview materi kuliah yang dibahas pada
perkuliahan hari ini.
|
3%
|
|||||
5
|
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan elemen
dalam struktur APBN/APBD dan mampu membedakan kedua anggaran tersebut .
|
Struktur APBN /APBD
|
Small
Group Discussion
·
Dosen:
·
Merancang bahan diskusi
tentang “APBN/APBD” untuk diskusi
mahasiswa dikelas.
·
Menjadi moderator dan memberi
kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·
Mengulas materi pertemuan yang
lalu.
·
Mahasiswa: didalam kelas
membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian
menjadi juru bicara dan presentasi.
·
Diluar kelas, mereview materi kuliah
sebelumnya dan materi kuliah minggu berikutnya.
|
· Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua
anggota kelompok memberikan pendapat.
· Peserta didik
masih tetap mengusasi materi
kuliah yang dibahas pada perkuliahan sebelumnya
|
5%
|
|||||
6
|
Mahasiwa
mampu memahami :
Seluk
beluk akuntani keuangan daerah dan penyelenggaraan nya.
|
Akuntansi KEuangan Daerah
|
Small
Group Discussion
Dosen:
·
Merancang bahan diskusi
tentang “ Akuntansi Keuangan Daerah”
·
Menjadi moderator dan memberi
kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·
Mengulas materi pertemuan yang lalu.
·
Memberi tugas untuk di kumpulkan
dan di bahas pada pertemuan berikutnya.
Mahasiswa:
·
didalam kelas membentuk kelompok
diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara
dan presentasi.
·
Diluar kelas, mereview materi kuliah
sebelumnya dan materi kuliah pada tatap muka berikutnya.
|
· Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua
anggota kelompok memberikan pendapat.
· Peserta didik
masih mengusasi materi kuliah yang dibahas pada perkuliahan sebelumnya
|
5%
|
|||||
7-8
|
Mahasiswa mampu
memahami:
Seluk beluk laporan keuangan sektor public dan
mampu menyususn laporan keuangan sektor public.
|
Laporan Keuangan sektor public dan penyusunan
laporan keuangan sektor publik
|
Small
Group Discussion
Dosen: Merancang bahan diskusi tentang “Laporan Keuangan sektor public dan
penyusunan laporan keuangan sektor publik ’.
·
Menjadi moderator dan memberi
kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·
Mengulas materi pertemuan yang lalu.
·
Memberi tugas untuk di kumpulkan
pada pertemuan berikutnya dan sekaligus membahasnya.
Mahasiswa:
·
Di dalam kelas membentuk kelompok diskusi, membahas
bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara dan presentasi.
·
Diluar kelas, mereview materi
kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya.
|
· Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua
anggota kelompok memberikan pendapat.
· Mahasiswa masih mengingat dengan baik materi pertemuan pertemuan sebelumnya.
|
10%
|
|||||
9
|
Mahasiswa mampu :
Menjelaskan bagaimana cara mengukur kinerja organisasi sektor
public.
|
Pengukuran kenerja sektor public
|
Small
Group Discussion
Dosen:
·
Merancang bahan diskusi
tentang “Pengukuran kenerja sektor
publik’.
·
Menjadi moderator dan memberi
kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·
Mengulas materi pertemuan yang lalu.
Mahasiswa:
· Di dalam
kelas membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara
bergantian menjadi juru bicara dan presentasi.
Diluar kelas, mereview materi kuliah sebelumnya
dan materi kuliah berikutnya.
|
· Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua anggota
kelompok memberikan pendapat.
· Mahasiswa masih mengingat dengan baik materi pertemuan pertemuan sebelumnya.
|
2%
|
|||||
10
|
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan:
Sistem akuntansi pemerintah pusat
|
Sistem akuntansi pemerintah pusat
|
Small
Group Discussion
Dosen:
·
Merancang bahan diskusi
tentang “Sistem akuntansi pemerintah
pusat’.
·
Menjadi moderator dan memberi
kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·
Mengulas materi pertemuan yang lalu.
Mahasiswa:
·
Didalam kelas membentuk kelompok
diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara
dan presentasi.
·
Diluar kelas, mereview materi
kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya.
|
· Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua
anggota kelompok memberikan pendapat.
· Mahasiswa masih mengingat dengan baik materi pertemuan pertemuan sebelumnya.
|
5%
|
|||||
11
|
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan :
Akuntansi organisasi nirlaba
|
Akuntansi organisasi nirlaba
|
Small
Group Discussion
Dosen:
·
Merancang bahan diskusi
tentang “ Akuntansi organisasi
nirlaba”.
·
Menjadi moderator dan memberi
kesimpulan dan point penting dari topik diskusi.
·
Mengulas materi pertemuan yang lalu.
·
Menyiapkan suatu
masalah/kasus/tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok
dalam model pembelajaran Cooperative
Learning pada pertemuan berikut
Mahasiswa:
·
Didalam kelas membentuk kelompok
diskusi, membahas bahan diskusi, dan secara bergantian menjadi juru bicara
dan presentasi.
·
Diluar kelas, mereview materi
kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya.
|
· Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua
anggota kelompok memberikan pendapat.
· Mahasiswa masih mengingat dengan baik materi pertemuan pertemuan sebelumnya.
|
5%
|
|||||
12
|
Mahasiswa mampu :
Memahami
dan menjelaskan :
Akuntansi Badan Layanan Umum.
|
Akuntansi Badan Layanan Umum
|
Cooperative Learning
Dosen:
·
Merancang dan memonitor proses
belajar dan hasil belajar kelompok mahasiswa.
·
Menyiapkan suatu masalah/kasus/tugas
untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok.
·
Mengulas/merivew materi
pertemuan yang lalu lalu.
Mahasiswa:
·
Secara berkelompok,mahasiswa
membahas dan mengumpulkan masalah/kasus/tugas yang diberikan oleh dosen.
·
Di dalam kelas aktif mengkritisi
masalah/tugas/kasus tersebut sehingga timbul suasana dialog.
Diluar
kelas, mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya.
|
· Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua
anggota kelompok memberikan pendapat.
· Mahasiswa masih mengingat dengan baik materi pertemuan pertemuan sebelumnya.
|
5%
|
|||||
13-14
|
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan :
Akuntansi
Dana
|
Akuntansi Dana
|
Cooperative Learning
Dosen:
·
Merancang dan memonitor proses
belajar dan hasil belajar kelompok mahasiswa.
·
Menyiapkan suatu
masalah/kasus/tugas tentang Akuntansi Dana untuk diselesaikan oleh
mahasiswa secara berkelompok.
·
Mengulas/merivew materi
pertemuan yang lalu lalu.
Mahasiswa:
·
Secara berkelompok,mahasiswa
membahas dan mengumpulkan masalah/kasus/tugas yang diberikan oleh dosen.
·
Di dalam kelas aktif mengkritisi
masalah/tugas/kasus tersebut sehingga timbul suasana dialog.
·
Diluar kelas, mereview materi kuliah
sebelumnya dan materi kuliah berikutnya.
|
· Peserta didik 100% aktif berdiskusi dan semua
anggota kelompok memberikan pendapat.
· Mahasiswa masih mengingat dengan baik
materi pertemuan pertemuan sebelumnya.
|
8%
|
|||||
5%
|
||||||||||
Disiapkan
oleh,
(Nila Aprila, SE.,M.Si.,Ak.,CA.)
Dosen
|
Diperiksa
oleh,
(Dr. Nurna Aziza, SE.,M.Si.,Ak.,CA.)
Ketua Jurusan
|
Disahkan
oleh,
(Dr. Fahruddin JS. Pareke, SE.M.Si.)
Dekan
|
0 komentar:
Posting Komentar