Senin, 18 Februari 2019

Desain Studi Kelayakan Bisnis


DesainStudi Kelayakan
Tujuan
Setelah mempelajariBab ini mahasiswadiharapkan dapatmemahami:
• Aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan studi kelayakan? Bagaimana sejarah proyek? Siapa sponsor proyek?
• Studi kelayakan dilakukan oleh sponsor proyek sendiri atau menggunakan jasakonsultan? Perlu jasakonsultan luar negeri?
• Bagaimana ide pertama muncul? Apa pendorongnya? Sponsor mempunyai pengetahuan tentang proyek?
• Sejauh mana aspek yang mempengaruhi proyek akan diteliti? Alat dan kerangka analisa apa yang diperlukan? Data apa dan siapa sumber datauntuk keperluan analisa?
Identifikasi KesempatanUsaha
Tahap melakukanproyek investasi:
1. Identifikasi, sponsor proyek melihat adanyakesempatan investasi yang menguntungkan. Pengamatan terhadap lingkungan untuk memperkirakan kesempatan dan ancaman usaha
2. Perumusan, tahap menerjemahkan kesempatan investasi kedalam suatu rencana proyek yang konkret, dengan faktor-faktor yang penting dijelaskan secara garis besar
3. Penilaian, melakukan analisa dan menilai aspek pasar, teknik, keuangan, dan perekonomian
4. Pemilihan, melakukan pemilihan dengan mengingat segala keterbatasan dantujuan yang akandicapai
5. Implementasi, menyelesaikan proyek tersebut dengan tetap berpegang pada anggaran.
Identifikasi kesempatan berusaha, bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara:
a. Mempelajariimpor .
b. Menyelidikimateriallokal untuk kemungkinan eksploitasi lebih lanjut
c. Mempelajari keterampilan tenaga kerja, terutama untuk jenis industri tertentu
d. Melakukanstudiindustri
e. Menerapkan kemajuan teknologi . Perubahan teknologi dari waktu ke waktu memungkinkan investor memanfaatkan sebelum pihak lain menggunakannya (competitiveadvantage).
f. Mempelajarihubunganantar-industri.
g. Menilai rencanapembangunan.
h. Melakukanpengamatandi tempat lain.
Tujuan Keputusan Investasi
Tujuan yang paling tepat dari pengambilan keputusan untuk melakukan investasi adalahuntuk memaksimumkannilai pasar modalsendiri (saham).
Tujuan ini menghadapi masalah-masalah operasional (terutama di negara-negara yang sedang berkembang):
(1) Tidak bisa diterapkan pada sektor publik karena tidak ada pemilikan lainselain negara
(2) Sejumlah besar perusahaan pada sektor swasta tidak menjual sahamnya ke pasar modal
Pengetahuan tentang bagaimana pengaruh keputusan investasi terhadap nilai pasar modalsendiri masih kurang cukup.
ANALISIS STUDI KELAYAKAN
ALAT DAN KERANGKA ANALISA
1. Analisa aspek pasar dan pemasaran:
• metode ekstrapolasi mekanis (noncausalmethod ),
• metode ekonometri (tentang hubungan antar-variabel), dan
• metode-metode lain(metode judgement ,metode koefisien teknis).
Survei khusus yang mungkin harus dilakukantentang consumerbehavior :
· Perilaku konsumsi
· Kepuasaan thd. produk saatini
· Pengetahuan produk
· Kebutuhan yg belumterpenuhi
· Keinginan dan rencana pembelian
· Sikapterhadap produk
· Motif pembelian
· Karakteristik sosial ekonomi.
2. Analisa aspek teknik dan produksi,dilakukanoleh mereka yang menguasai pengetahuan teknis dan manajemennya (resource persons ), menyangkut:
• Analisaperilaku biaya (identifikasi fungsi biaya)
• Analisaperbandingan biaya (memilih alternatif produksi yang lebih baik)
• Analisapenggantian aktivadan penyediaan mesin
• Metode transportasi (menentukan lokas gudang)
• Pemilihanlokasi dengan metode scoring atauperbandingan biaya
• Analisahubungan link analysisuntuk mengatur tata letak fasilitas produksi
• Time andmotion studyuntuk pengaturan skedul kerja.
3. Analisa aspek keuangan dengan menggunakan alat berikut:
• Metode penilaian investasi
• Metode penentuan kebutuhan dana, baik modalkerja maupun aktiva tetap
• Metode pemilihan sumber dana (modal keseluruhan perusahaan. Analisis rentabilitas ekonomi, rentabilitas modalsendiri, pertimbangan aspek likuiditas)
• Analisabreakevent, linear maupun nonlinear
• Proyek alirankas (anggaran kas) untuk memperkirakan kemampuan memenuhi kewajiban finansial
• Analisasumber dan penggunaan dana
• Analisarisiko investasi (dihubungkan dengan penilaian profitabilitas investasi).
4. Analisa aspek manajemen:
• Analisajabatan: menentukan deskripsi dan spesifikasi jabatan
• Analisabeban kerja dan angkatan kerja: menentukan kebutuhan akan jumlah tenaga kerja
• Analisastruktur organisasi: menentukan kedalaman,dasar pengelompokan kegiatan dan hubungan antar departemen.
5. Analisa manfaat ekonomidan sosial:
• Melakukan penyesuaian terhadap manfaat komersial (finansial)
• Analisamanfaat dan pengorbanan sosial.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Blog Archive

LATEST POSTS

CB Blogger Lab

JASA SEO CB

jam ayam

CONTOH BLOG

JASA SEO CB

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *