Sistem Informasi, Organisasi, dan Strategi
Bab 3 Sistem Informasi, Organisasi, dan Strategi
Sistem informasi dan organisasi mempengaruhi satu sama lain. Sistem informasi dibangun oleh manajer untuk melayani kepentingan perusahaan. Pada saat yang bersamaan, organisasi harus waspada dan terbuka terhadap pengaruh sistem informasi untuk mendapatkan manfaat dari teknologi baru.
Sistem informasi dan organisasi mempengaruhi satu sama lain. Sistem informasi dibangun oleh manajer untuk melayani kepentingan perusahaan. Pada saat yang bersamaan, organisasi harus waspada dan terbuka terhadap pengaruh sistem informasi untuk mendapatkan manfaat dari teknologi baru.
Interaksi antara TI dan organisasi
merupakan hal yang rumit dan dipengaruhi oleh banyak faktor pengengah, termasuk
:
1.
Lingkungan
Lingkungan membentuk apa yang dapat
dilakukan organisasi, tetapi organisasi dapat mempengaruhi lingkungannya dan
sekaligus memutuskan untuk mengubah lingkungan. Teknologi informasi memainkan
peran penting dalam membantu organisasi menerima perubahan lingkungan dan
membantu organisasi bertindak dalam lingkungannya.
2.
Budaya
Budaya organisasi meliputi mengenai
produk apa yang harus diproduksi organisasi, bagaimana organisasi harus
memproduksinya, dimana, dan untuk siapa. Proses bisnis – cara perusahaan bisnis
sebenarnya menciptakan nilai – biasanya ditetapkan pada budaya organisasi.
3.
Struktur
Semua organisasi memiliki struktur atau
bentuk. Menurut Mintzberg, ada 5 jenis dasar struktur organisasi, yaitu (a)
struktur wirausaha, (b) birokrasi mesin, (c) birokrasi dengan divisi, (d)
birokrasi profesional, dan (e) adhocracy.
4.
Proses bisnis
Semua organisasi tersusun dari rutinitas
dan perilaku individu, kumpulan yang membentuk proses bisnis. Sekumpulan proses
bisnis membentuk perusahaan. Aplikasi sistem informasi yang baru mensyaratkan
rutinitas individu dan proses bisnis untuk berubah guna mencapai tingkat
kinerja organisasi yang tinggi.
5.
Politik
Keengganan berpolitik adalah salah satu
kesulitan utama dalam membawa perubahan organisasi, terutama perkembangan
sistem informasi yang baru. Secara virtual semua investasi besar pada sistem
informasi oleh perusahaan yang membawa perubahan signifikan pada strategi,
tujuan bisnis, proses bisnis, dan prosedur menjadi kegiatan yang terbebani
secara politik. Manajer yang mengetahui bagaimana cara bekerja dengan politik organisasi
akan menjadi lebih berhasil dari manajer yang kurang ahli dalam menerapkan
sistem informasi yang baru.
6.
Keputusan manajemen
Sebagai seorang manajer, diharapkan
untuk dapat memutuskan sistem apa yang akan dibangun, apa yang dapat dilakukan
sistem tersebut, dan bagaimana sistem akan diterapkan.
Faktor organisasi utama yang harus
dipertimbangkan ketika merencanakan sistem yang baru sbb :
·
lingkungan dimana organisasi berfungsi
·
struktur organisasi : hierarki, spesialisasi, rutinitas, dan proses
bisnis
·
budaya dan politik organisasi
·
jenis organissasi dan gaya kepemimpinan
·
kelompok kepentingan utama yang dipengaruhi oleh sistem dan sikap dari karywan
yang akan menggunakan sistem
·
jenis tugas, keputusan, dan proses bisnis di mana sistem informasi
dirancang untuk membantunya
Model Daya Kompetitif Porter
Model ini menyediakan pandangan umum
terhadap perusahaan, pesaingnya, dan lingkungan perusahaan.
a.
Pesaing tradisional
Seluruh perusahaan berbagi pangsa pasar
dengan pesaing lainnya yang secara berkelanjutan menggunakan cara baru, yang
lebih efisien untuk berproduksi dengan memperkenalkan produk dan jasa baru, dan
mencoba untuk menarik pelanggan dengan mengembangkan merek dan mengenakan biaya
perubahan kepada pelanggannya.
b.
Pemain baru di pasar
Pada beberapa industri, memasuki pasar
adalah sangat sulit. Tetapi juga perusahaan baru memiliki beberapa kemungkinan
keuntungan, seperti perusahaan tidak terkunci kepada pabrik dan peralatan lama,
perusahaan sering kali memperkerjakan karyawan yang lebih muda yang tidak
terlalu mahal dan mungkin lebih inovatif, perusahaan tidak dibebani oleh nama
merek yang telah tua, usang, dan “lebih lapar” (jauh lebih termotivasi)
daripada pemain tradisional pada industri. Kelemahannya perusahaan tergantung
pada pendanaan luar untuk pabrik dan peralatan baru, yang bisa jadi mahal;
perusahaan memiliki angkatan kerja yang kurang berpengalaman; dan memiliki sedikit
pengakuan merek.
c.
Produk dan jasa pengganti
Pada hampir semua industri, terdapat
pengganti yang mungkin digunakan oleh pelanggan jika harga menjadi terlalu
tinggi. Teknologi baru menciptakan pengganti sepanjang waktu. Semakin banyak
produk dan jasa pengganti pada industri Anda, semakin tidak mungkin Anda dapat
mengendalikan penetapan harga dan semakin rendah margin laba Anda.
d.
Pelanggan
Perusahaan yang untung bergantung kepada
pengukuran besar atas kemampuannya menarik dan mempertahankan pelanggan (sambil
menjauhkan pelanggan dari pesaing), dan membebankan harga yang tinggi. Kekuatan
pelanggan berkembang jika mereka dapat dengan mudah berpindah kepada produk dan
jasa pesaing atau jika mereka dapat memaksa bisnis dan pesaingnya untuk bersaing
hanya pada harga di pasar transparan di mana terdapat sedikit diferensiasi
produk, dan seluruh harga dapat diketahui dengan cepat (via internet).
e.
Pemasok
Kekuatan pasar pemasok dapat memiliki
dampak penting pada keuntungan perusahaan, terutama jika perusahaan tidak dapat
menaikkan harga sementara pemasok bisa. Semakin banyak pemasok berbeda yang
dimiliki perusahaan, semakin besar kendali yang dapat dijalankan atas pemasok
dalam bentuk harga, kualitas, dan jadwal pengiriman.
Strategi Sistem Informasi untuk
Berhubungan dengan Daya Kompetitif
Terdapat 4 strategi dasar kompetisi,
yaitu :
1.
Strategi kepemimpinan biaya rendah
Yaitu menggunakan sistem informasi untuk
membuat produk dan jasa pada harga yang lebih rendah dari pesaing dengan
peningkatan kualitas dan pelayanan. Contoh : Wal-Mart dan Dell Computer.
2.
Strategi diferensiasi produk
Yaitu menggunakan sistem informasi untuk
membedakan produk, dan mengadakan produk dan jasa baru. Contoh : Geogle, eBay,
Apple, Lands’End.
3.
Strategi fokus pada peluang pasar
Yaitu menggunakan sistem informasi untuk
memungkinkan strategi yang fokus pada peluang pasar; spesialisasi. Contoh :
Hilton Hotels dan Harrah’s.
4.
Strategi kedekatan pelanggan dan pemasok
Yaitu menggunakan sistem informasi untuk
mengembangkan hubungan kuat dan kesetiaan pelanggan dan pemasok.
0 komentar:
Posting Komentar