Mengelola Pengetahuan
Bab 11 Mengelola Pengetahuan
11.1 SUDUT PANDANG PENGELOLAAN PENGETAHUAN
Sistem manajemen pengetahuan dan kolaborasi merupakan bidang
investasi korporat dan pemerintah yang paling cepat berkembang. Dasawarsa
terakhir telah menunjukkan pertumbuhan eksplosif dalam penelitian pengetahuan
dan manajemen pengetahuan di bidang ekonomi, manajemen, dan sistem informasi.
Manajemen pengetahuan telah menjadi tema penting di banyak perusahaan bisnis
besar karena para manajer menyadari bahwa sebagian besar nilai perusahaan
mereka bergantung pada kemampuan perusahaan untuk menciptakan dan mengelola
pengetahuan. Studi telah menemukan bahwa sebagian besar nilai pasar saham perusahaan
terkait dengan aset tak berwujudnya, dimana pengetahuan merupakan salah satu
komponen penting, bersama dengan merek, reputasi, dan proses bisnis yang unik.
DIMENSI PENTING PENGETAHUAN
Ada perbedaan penting antara data, informasi, pengetahuan, dan
kebijaksanaan. Bab 1 mendefinisikan data sebagai arus peristiwa atau transaksi
yang ditangkap oleh sistem organisasi yang, dengan sendirinya, berguna untuk
bertransaksi tapi sedikit lain. Untuk mengubah data menjadi informasi yang
berguna, perusahaan harus mengeluarkan sumber daya untuk mengatur data ke dalam
kategori pemahaman, seperti laporan penjualan total bulanan, harian, regional,
atau penyimpanan. Untuk mengubah informasi menjadi pengetahuan, perusahaan
harus mengeluarkan sumber daya tambahan untuk menemukan pola, aturan, dan
konteks di mana pengetahuan itu bekerja. Akhirnya, kebijaksanaan dianggap
sebagai pengalaman kolektif dan individual untuk menerapkan pengetahuan
terhadap pemecahan masalah. Kebijaksanaan melibatkan di mana, kapan, dan
bagaimana menerapkan pengetahuan. Pengetahuan yang berada di benak karyawan
yang belum didokumentasikan disebut pengetahuan diam-diam, sedangkan
pengetahuan yang telah didokumentasikan disebut pengetahuan eksplisit.
Seperti manusia, organisasi menciptakan dan mengumpulkan
pengetahuan dengan menggunakan berbagai mekanisme pembelajaran organisasi.
Melalui pengumpulan data, pengukuran aktivitas terencana yang cermat, trial and
error (percobaan), dan umpan balik dari pelanggan dan lingkungan pada umumnya,
pengalaman mendapatkan organisasi. Organisasi yang belajar menyesuaikan
perilaku mereka untuk mencerminkan pembelajaran itu dengan menciptakan proses
bisnis baru dan dengan mengubah pola pengambilan keputusan manajemen. Proses
perubahan ini disebut pembelajaran organisasi.
NILAI RANTAI MANAJEMEN PENGETAHUAN
Manajemen pengetahuan mengacu pada serangkaian proses bisnis yang
dikembangkan dalam sebuah organisasi untuk menciptakan, menyimpan, mentransfer,
dan menerapkan pengetahuan. Manajemen pengetahuan meningkatkan kemampuan
organisasi untuk belajar dari lingkungannya dan untuk menggabungkan pengetahuan
ke dalam proses bisnisnya.
Akuisisi Pengetahuan
Organisasi memperoleh pengetahuan dengan berbagai cara, tergantung
dari jenis pengetahuan yang mereka cari. Sistem manajemen pengetahuan pertama
berusaha membangun gudang dokumen, laporan, presentasi, dan praktik terbaik
perusahaan. Upaya ini telah diperluas untuk memasukkan dokumen tidak terstruktur
(seperti e-mail).
Penyimpanan Pengetahuan
Begitu mereka menemukan dokumen, pola, dan aturan ahli harus
disimpan agar bisa diambil dan digunakan oleh karyawan. Penyimpanan pengetahuan
umumnya melibatkan pembuatan database. Sistem pengelolaan dokumen yang
mendigitalkan, mengindeks, dan memberi tag dokumen sesuai kerangka koheren
adalah database besar yang mahir menyimpan koleksi dokumen. Sistem pakar juga
membantu perusahaan mempertahankan pengetahuan yang diperoleh dengan memasukkan
pengetahuan tersebut ke dalam proses dan budaya organisasi.
Diseminasi pengetahuan
Portal, e-mail, instant messaging, wiki, jaringan sosial, dan
teknologi mesin telusur telah menambahkan serangkaian teknologi kolaborasi dan
sistem perkantoran yang ada untuk berbagi kalender, dokumen, data, dan grafik
(lihat Bab 7). Teknologi kontemporer tampaknya telah menciptakan banjir
informasi dan pengetahuan. Bagaimana para manajer dan karyawan dapat menemukan,
dalam lautan informasi dan pengetahuan, apa yang benar-benar penting untuk
keputusan dan pekerjaan mereka? Di sini, program pelatihan, jaringan informal,
dan pengalaman manajemen bersama yang dikomunikasikan melalui budaya yang
mendukung membantu para manajer memusatkan perhatian mereka pada pengetahuan
dan informasi penting.
Aplikasi pengetahuan
Terlepas dari jenis sistem manajemen pengetahuan yang dilibatkan,
pengetahuan yang tidak dibagi dan diterapkan pada masalah praktis yang dihadapi
perusahaan dan manajer tidak menambah nilai bisnis. Untuk memberikan laba atas
investasi, pengetahuan organisasi harus menjadi bagian sistematis dari pengambilan
keputusan manajemen dan berada di dalam sistem pendukung keputusan.
Membangun Modal Organisasi dan Manajemen: Kolaborasi, Praktik Komunitas,
dan Lingkungan Kantor
Selain kegiatan yang baru saja kami jelaskan, para manajer dapat
membantu dengan mengembangkan peran dan tanggung jawab organisasi baru untuk
mengakuisisi pengetahuan, termasuk pembentukan posisi eksekutif kepala
eksekutif, posisi staf yang berdedikasi (knowledge manager), dan praktik
komunitas. Praktik komunitas (COP) adalah jaringan sosial informal para
profesional dan karyawan di dalam dan di luar perusahaan yang memiliki kegiatan
dan minat terkait pekerjaan serupa. Kegiatan komunitas ini meliputi pendidikan
dan konferensi mandiri, konferensi, buletin online, dan berbagi pengalaman dan
teknik sehari hari untuk memecahkan masalah pekerjaan tertentu.
JENIS SISTEM MANAJEMEN PENGETAHUAN
Pada dasarnya ada tiga jenis sistem manajemen pengetahuan utama:
sistem manajemen pengetahuan perusahaan, sistem kerja pengetahuan, dan teknik
cerdas.
Sistem manajemen pengetahuan menyeluruh adalah upaya umum untuk
mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan, dan menerapkan konten serta
pengetahuan digital. Sistem ini mencakup kemampuan untuk mencari informasi,
menyimpan data terstruktur dan tidak terstruktur, serta menemukan keahlian
karyawan di dalam perusahaan. Sistem kerja pengetahuan (KWS) adalah sistem
khusus yang dibangun untuk para insinyur, ilmuwan, dan pekerja pengetahuan
lainnya yang ditugaskan untuk menemukan dan menciptakan pengetahuan baru bagi
sebuah perusahaan. Manajemen pengetahuan juga mencakup beragam jenis teknik
cerdas, seperti data mining, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, logika
fuzzy, algoritma genetika, dan agen cerdas.
11.2 MANAJEMEN PENGETAHUAN PERUSAHAAN SECARA LUAS
Perusahaan harus berurusan dengan setidaknya tiga jenis
pengetahuan. Beberapa pengetahuan ada di dalam perusahaan berupa dokumen teks
terstruktur (laporan dan presentasi). Pengambil keputusan juga membutuhkan
pengetahuan yang semistructured, seperti e-mail, voice mail, chat room
exchange, video, gambar digital, brosur, atau papan buletin. Dalam kasus lain,
tidak ada informasi formal atau digital dalam bentuk apapun, dan pengetahuan
berada di kepala karyawan. Sebagian besar pengetahuan ini adalah pengetahuan
diam-diam yang jarang dituliskan. Sistem manajemen pengetahuan menyeluruh
perusahaan menangani ketiga jenis pengetahuan tersebut.
SISTEM MANAJEMEN KONTEN PERUSAHAAN
Bisnis saat ini perlu mengatur dan mengelola aset pengetahuan
terstruktur dan semistructured. Pengetahuan terstruktur adalah pengetahuan
eksplisit yang ada dalam dokumen formal, dan juga peraturan formal yang
diturunkan organisasi dengan mengamati para ahli dan perilaku pengambilan
keputusan mereka. Sistem manajemen konten perusahaan membantu organisasi
mengelola kedua jenis informasi. Mereka memiliki kemampuan untuk menangkap,
penyimpanan, pengambilan, distribusi, dan pelestarian pengetahuan untuk
membantu perusahaan memperbaiki proses bisnis dan keputusan mereka. Masalah
utama dalam mengelola pengetahuan adalah penciptaan skema klasifikasi yang
tepat, atau taksonomi, untuk mengatur informasi ke dalam kategori yang bermakna
sehingga mudah diakses. Perusahaan dalam penerbitan, periklanan, penyiaran, dan
hiburan memiliki kebutuhan khusus untuk menyimpan dan mengelola data digital
tidak terstruktur seperti foto, gambar grafis, video, dan konten audio. Sistem
manajemen aset digital membantu perusahaan mengklasifikasikan, menyimpan, dan
mendistribusikan benda digital ini.
SISTEM JARINGAN PENGETAHUAN
Sistem jaringan pengetahuan, juga dikenal sebagai lokasi keahlian
dan sistem manajemen, mengatasi masalah yang timbul saat pengetahuan yang tepat
tidak dalam bentuk dokumen digital melainkan berada dalam memori individu ahli
di perusahaan. Sistem jaringan pengetahuan menyediakan direktori pakar korporat
online di domain pengetahuan yang terdefinisi dengan baik dan menggunakan
teknologi komunikasi untuk mempermudah karyawan menemukan pakar yang tepat di
perusahaan.
SISTEM PENGELOLAAN KOLABORASI DAN SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Sistem pengelolaan konten perusahaan utama mencakup teknologi
portal dan kolaborasi yang hebat. Portal pengetahuan perusahaan dapat
menyediakan akses ke sumber informasi eksternal, seperti umpan berita dan
penelitian, serta sumber pengetahuan internal bersama dengan kemampuan untuk
e-mail, obrolan / pesan instan, kelompok diskusi, dan konferensi video.
Bookmark sosial mempermudah pencarian dan berbagi informasi dengan mengizinkan
pengguna menyimpan bookmark mereka ke halaman Web di situs Web publik dan
menandai bookmark ini dengan kata kunci. Tag ini bisa digunakan untuk mengatur
dan mencari dokumen. Daftar tag dapat dibagi dengan orang lain untuk membantu
mereka menemukan informasi yang menarik. Taksonomi buatan pengguna yang dibuat
untuk bookmark bersama disebut folksonomies. Delicious dan Digg adalah dua
situs bookmark sosial yang populer. Sistem manajemen pembelajaran (LMS)
menyediakan alat untuk manajemen, pengiriman, pelacakan, dan penilaian berbagai
jenis pembelajaran dan pelatihan karyawan.
11.3 SISTEM PENGETAHUAN KERJA
Sistem pengetahuan perusahaan secara luas yang baru saja kami
jelaskan memberikan berbagai kemampuan yang dapat digunakan oleh banyak orang
jika tidak semua pekerja dan kelompok dalam sebuah organisasi. Perusahaan juga
memiliki sistem khusus untuk pekerja pengetahuan dalam membantu mereka
menciptakan pengetahuan baru dan untuk memastikan bahwa pengetahuan ini
terintegrasi dengan benar ke dalam bisnis.
PENGETAHUAN PEKERJAAN DAN PENGETAHUAN KERJA
Pekerja pengetahuan, yang kami perkenalkan di Bab 1, mencakup
periset, perancang, arsitek, ilmuwan, dan insinyur yang terutama menciptakan
pengetahuan dan informasi untuk organisasi. Pekerja pengetahuan biasanya
memiliki tingkat pendidikan dan keanggotaan yang tinggi dalam organisasi
profesional dan sering diminta untuk melakukan penilaian independen sebagai
aspek rutin pekerjaan mereka. Misalnya, pekerja pengetahuan menciptakan produk
baru atau menemukan cara untuk memperbaiki produk yang sudah ada. Pekerja
pengetahuan melakukan tiga peran penting yang penting bagi organisasi dan
manajer yang bekerja di dalam organisasi:
Menjaga pengetahuan organisasi saat ini dalam pengetahuan saat
berkembang di dunia luar – dalam teknologi, sains, pemikiran sosial, dan seni
Melayani konsultan internal mengenai bidang pengetahuan mereka,
perubahan yang terjadi, dan peluang
Bertindak sebagai agen perubahan, evaluasi, inisiasi, dan promosi
proyek perubahan
PERSYARATAN SISTEM KERJA PENGETAHUAN
Sebagian besar pekerja pengetahuan bergantung pada sistem
perkantoran, seperti pengolah kata, voice mail, e-mail, konferensi video, dan
sistem penjadwalan, yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas pekerja di
kantor. Namun, pekerja pengetahuan juga memerlukan sistem kerja pengetahuan
yang sangat terspesialisasi dengan grafis, alat analisis, dan komunikasi serta
kemampuan manajemen dokumen yang hebat.
CONTOH SISTEM KERJA PENGETAHUAN
Aplikasi kerja pengetahuan utama mencakup sistem CAD, sistem
virtual reality untuk simulasi dan pemodelan, dan workstation keuangan.
Computeraided design (CAD) mengotomatisasi penciptaan dan revisi desain,
menggunakan komputer dan perangkat lunak grafis yang canggih. Sistem virtual
reality memiliki kemampuan visualisasi, rendering, dan simulasi yang jauh
melampaui sistem CAD konvensional. Mereka menggunakan perangkat lunak grafis
interaktif untuk membuat simulasi yang dihasilkan komputer yang sangat dekat
dengan kenyataan sehingga pengguna hampir yakin bahwa mereka berpartisipasi
dalam situasi dunia nyata. Augmented reality (AR) adalah teknologi terkait
untuk meningkatkan visualisasi. AR menyediakan pandangan langsung atau tidak
langsung tentang lingkungan dunia nyata fisik yang elemennya diperkuat oleh
citra buatan komputer virtual. Pengguna beralasan di dunia fisik yang
sebenarnya, dan gambar virtual digabungkan dengan tampilan nyata untuk membuat
tampilan yang disempurnakan.
Aplikasi virtual reality yang dikembangkan untuk Web menggunakan
standar yang disebut Virtual Reality Modeling Language (VRML). VRML adalah
seperangkat spesifikasi untuk pemodelan 3 dimensi interaktif di World Wide Web
yang dapat mengatur beberapa jenis media, termasuk animasi, gambar, dan audio
untuk menempatkan pengguna di lingkungan dunia nyata yang disimulasikan. VRML
adalah platform independen, beroperasi di atas komputer desktop, dan
membutuhkan sedikit bandwidth. Industri keuangan menggunakan workstation
investasi khusus untuk memanfaatkan pengetahuan dan waktu dari broker, pedagang,
dan manajer portofolio.
11.4 TEKNIK KECERDASAN
Kecerdasan buatan dan teknologi basis data memberikan sejumlah
teknik cerdas yang dapat digunakan organisasi untuk menangkap pengetahuan
individu dan kolektif serta untuk memperluas basis pengetahuan mereka. Sistem
pakar, penalaran berbasis kasus, dan logika fuzzy digunakan untuk menangkap
pengetahuan tersembunyi. Jaringan syaraf tiruan dan data mining digunakan untuk
penemuan pengetahuan. Teknik cerdas lainnya yang dibahas di bagian ini
didasarkan pada teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence / AI),
yang terdiri dari sistem berbasis komputer (perangkat keras dan perangkat
lunak) yang mencoba meniru perilaku manusia.
MENGETAHUI PENGETAHUAN: SISTEM AHLI
Sistem pakar adalah teknik cerdas untuk menangkap pengetahuan
tersembunyi dalam domain keahlian manusia yang sangat spesifik dan terbatas.
Sistem ini menangkap pengetahuan karyawan yang terampil dalam bentuk
seperangkat aturan dalam sistem perangkat lunak yang dapat digunakan oleh orang
lain dalam organisasi. Kumpulan aturan dalam sistem pakar menambah ingatan,
atau pembelajaran tersimpan dari perusahaan. Pengetahuan manusia harus
dimodelkan atau diwakili sedemikian rupa sehingga komputer bisa memprosesnya.
Sistem pakar memodelkan pengetahuan manusia sebagai seperangkat aturan yang
secara kolektif disebut basis pengetahuan. Strategi yang digunakan untuk
mencari melalui basis pengetahuan disebut inferensi engine. Dua strategi yang
umum digunakan: forward chaining dan backward chaining.
Dalam forward chaining, mesin inferensi dimulai dengan informasi
yang dimasukkan oleh pengguna dan mencari basis aturan untuk sampai pada sebuah
kesimpulan. Strateginya adalah menembak, atau melakukan tindakan aturan saat
kondisi benar. Dalam strategi backward chaining, strategi untuk mencari basis
aturan dimulai dengan sebuah hipotesis dan dilanjutkan dengan mengajukan
pertanyaan kepada pengguna tentang fakta-fakta yang dipilih sampai hipotesis
tersebut dikonfirmasi atau dibantah.
KECERDASAN ORGANISASI: PENALARAN BERBASIS KASUS
Sistem pakar terutama menangkap pengetahuan tersembunyi para ahli
individual, namun organisasi juga memiliki pengetahuan dan keahlian kolektif
yang telah mereka bangun selama bertahun-tahun. Pengetahuan organisasi ini
dapat ditangkap dan disimpan dengan menggunakan penalaran berbasis kasus. Dalam
kasus berbasis penalaran (CBR), deskripsi pengalaman spesial masa lalu manusia, yang digambarkan
sebagai kasus, disimpan dalam database untuk pengambilan nanti saat pengguna
menemukan kasus baru dengan parameter serupa.
SISTEM LOGIKA FUZZY
Kebanyakan orang tidak berpikir dalam hal aturan tradisional
jika-kemudian atau angka yang tepat. Manusia cenderung mengkategorikan hal-hal
yang tidak tepat dengan menggunakan peraturan untuk membuat keputusan yang
mungkin memiliki banyak nuansa makna. Misalnya, pria atau wanita bisa kuat atau
cerdas. Sebuah perusahaan bisa berukuran besar, menengah, atau kecil. Suhu bisa
panas, dingin, sejuk, atau hangat. Kategori ini mewakili berbagai nilai. Logika
fuzzy adalah teknologi berbasis aturan yang dapat mewakili ketidaktepatan
seperti itu dengan membuat aturan yang menggunakan nilai perkiraan atau
subyektif. Ini bisa menggambarkan fenomena atau proses tertentu secara
linguistik dan kemudian mewakili deskripsi itu dalam sejumlah kecil peraturan
fleksibel. Organisasi dapat menggunakan logika fuzzy untuk menciptakan sistem
perangkat lunak yang menangkap pengetahuan tersembunyi dimana terdapat
ambiguitas linguistik.
JARINGAN SYARAF TIRUAN
Jaringan syaraf digunakan untuk memecahkan masalah kompleks dan
kurang dipahami dimana sejumlah besar data dikumpulkan. Mereka menemukan pola
dan hubungan dalam jumlah besar data yang akan terlalu rumit dan sulit bagi
manusia untuk dianalisis. Jaringan saraf menemukan pengetahuan ini dengan
menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang paralel dengan pola
pengolahan otak biologis atau otak manusia. Sesi Interaktif pada Organisasi
menggambarkan aplikasi perdagangan saham terkomputerisasi berdasarkan teknologi
AI terkait yang disebut pembelajaran mesin. Pembelajaran mesin berfokus pada algoritma
dan metode statistik yang memungkinkan komputer “belajar” dengan mengekstraksi
aturan dan pola dari kumpulan data masif dan membuat prediksi tentang masa
depan.
ALGORITMA GENETIK
Algoritma genetika berguna untuk menemukan solusi optimal untuk masalah
tertentu dengan memeriksa sejumlah besar kemungkinan solusi untuk masalah itu.
Mereka didasarkan pada teknik yang diilhami oleh biologi evolusioner, seperti
pewarisan, mutasi, seleksi, dan crossover (rekombinasi).
SISTEM AI HYBRI
Algoritma genetika, logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan, dan
sistem pakar dapat diintegrasikan ke dalam satu aplikasi untuk memanfaatkan
fitur terbaik dari teknologi ini. Sistem semacam itu disebut sistem hibrida.
AGEN CERDAS
Teknologi agen cerdas membantu bisnis menavigasi melalui sejumlah
besar data untuk mencari dan bertindak berdasarkan informasi yang dianggap
penting. Agen cerdas adalah program perangkat lunak yang bekerja di latar
belakang tanpa intervensi langsung manusia untuk melaksanakan tugas spesifik,
berulang, dan dapat diprediksi untuk pengguna individual, proses bisnis, atau
aplikasi perangkat lunak. Banyak fenomena kompleks dapat dimodelkan sebagai
sistem agen otonom yang mengikuti aturan interaksi yang relatif sederhana.
Aplikasi pemodelan berbasis agen telah dikembangkan untuk memodelkan perilaku
konsumen, pasar saham, dan rantai pasokan dan untuk memprediksi penyebaran
epidemi.
0 komentar:
Posting Komentar