E-Commerce: Pasar Digital, Barang Digital
Bab 10 E-Commerce: Pasar Digital, Barang Digital
10.1 E-COMMERCE DAN INTERNET
Pernahkah Anda membeli musik melalui Web atau streaming film?
Pernahkah Anda menggunakan Web untuk mencari informasi tentang sepatu kets
sebelum Anda membelinya di toko eceran? Jika demikian, Anda telah
berpartisipasi dalam e-commerce. Pada tahun 2010, 133 juta orang Amerika dewasa
membeli sesuatu secara online, seperti juga jutaan orang lainnya di seluruh
dunia. Dan walaupun kebanyakan pembelian masih dilakukan melalui jalur
tradisional, e-commerce terus berkembang pesat dan mengubah cara banyak
perusahaan melakukan bisnis.
E-COMMERCE HARI INI
E-commerce mengacu pada penggunaan Internet dan Web untuk
bertransaksi bisnis. Secara lebih formal, e-commerce adalah tentang transaksi
komersial secara digital antara organisasi dan individu. Pada umumnya, ini
berarti transaksi yang terjadi melalui Internet dan Web. Transaksi komersial
melibatkan pertukaran nilai (misalnya, uang) melintasi batas organisasi atau
individu sebagai imbalan atas produk dan layanan.
MENGAPA E-COMMERCE BERBEDA
Mengapa e-commerce berkembang begitu pesat? Jawabannya terletak
pada sifat unik internet dan web. Sederhananya, teknologi Internet dan e-commerce
jauh lebih kaya dan hebat daripada revolusi teknologi sebelumnya seperti radio,
televisi, dan telepon.
Dalam perdagangan tradisional, pasar adalah tempat fisik, seperti
toko ritel, yang Anda kunjungi untuk bertransaksi bisnis. E-commerce ada di
mana-mana, artinya tersedia di mana-mana, kapan saja. Ini memungkinkan Anda
berbelanja dari desktop, rumah, di tempat kerja, atau bahkan dari mobil Anda,
menggunakan mobile commerce. Hasilnya disebut marketpace-pasar melampaui
batas-batas tradisional dan dihapus dari lokasi temporal dan geografis.
Dari sudut pandang konsumen, di mana mengurangi biaya transaksi
untuk berpartisipasi dalam pasar. Untuk bertransaksi bisnis, tidak perlu lagi
Anda menghabiskan waktu atau uang untuk pergi ke pasar, dan usaha mental yang
jauh lebih sedikit diperlukan untuk melakukan pembelian. Teknologi e-commerce
memungkinkan transaksi komersial melintasi batas budaya dan nasional jauh lebih
mudah dan hemat biaya daripada yang sebenarnya dalam perdagangan tradisional.
Standar teknis universal Internet dan e-commerce sangat menurunkan biaya masuk
pasar, pedagang harus membayar hanya untuk membawa barang mereka ke pasar. Pada
saat yang sama, bagi konsumen, standar universal mengurangi biaya pencarian
usaha yang dibutuhkan untuk menemukan produk yang sesuai. Kekayaan informasi
mengacu pada kompleksitas dan isi sebuah pesan. Tidak seperti teknologi
komersial abad kedua puluh, dengan kemungkinan pengecualian telepon, teknologi
e-commerce bersifat interaktif, yang berarti memungkinkan komunikasi dua arah
antara pedagang dan konsumen. Internet dan Web sangat meningkatkan kepadatan
informasi yaitu jumlah dan kualitas informasi yang tersedia bagi semua pelaku
pasar, konsumen, dan pedagang.
Kepadatan informasi di pasar e-commerce membuat harga dan biaya
lebih transparan. Transparansi harga mengacu pada kemudahan konsumen untuk
mengetahui variasi harga di pasar; Transparansi biaya mengacu pada kemampuan
konsumen untuk menemukan biaya sebenarnya yang dibayarkan pedagang untuk
produk. Teknologi e-commerce mengizinkan personalisasi: Pedagang dapat
menargetkan pesan pemasaran mereka kepada individu tertentu dengan menyesuaikan
pesan dengan nama, minat, dan pembelian sebelumnya. Teknologi ini juga
memungkinkan kustomisasi (mengubah) produk atau layanan yang disampaikan
berdasarkan preferensi pengguna atau perilaku sebelumnya. Berbeda dengan
teknologi sebelumnya, teknologi Internet dan e-commerce telah berevolusi
menjadi lebih sosial dengan memungkinkan pengguna membuat dan berbagi dengan
teman-teman mereka (dan komunitas yang lebih besar di seluruh dunia) dalam
bentuk teks, video, musik, atau foto. Dengan menggunakan bentuk komunikasi ini,
pengguna dapat menciptakan jejaring sosial baru dan memperkuat jaringan yang
ada.
KONSEP KUNCI DALAM E-COMMERCE: PASAR DIGITAL DAN BARANG DIGITAL DI
PASAR GLOBAL
Lokasi, waktu, dan model pendapatan bisnis sebagian didasarkan
pada biaya dan distribusi informasi. Internet telah menciptakan pasar digital
di mana jutaan orang di seluruh dunia dapat menukar sejumlah besar informasi
secara langsung, cepat, dan gratis. Akibatnya, Internet telah mengubah cara
perusahaan melakukan bisnis dan meningkatkan jangkauan global mereka. Internet
mengurangi asimetri informasi. Asimetri informasi ada bila satu pihak dalam
transaksi memiliki lebih banyak informasi yang penting untuk transaksi daripada
pihak lainnya. Informasi itu membantu menentukan daya tawar mereka yang
relatif. Di pasar digital, konsumen dan pemasok dapat “melihat” harga yang
dikenakan untuk barang, dan dalam arti itulah pasar digital dikatakan lebih
“transparan” daripada pasar tradisional. Pasar digital sangat fleksibel dan
efisien karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi yang rendah,
biaya menu yang lebih rendah (biaya pedagang untuk mengubah harga),
diskriminasi harga yang lebih tinggi, dan kemampuan untuk mengubah harga secara
dinamis berdasarkan kondisi pasar. Dalam penetapan harga dinamis, harga suatu
produk bervariasi tergantung pada karakteristik permintaan dari pelanggan atau
situasi penawaran penjual. Penghapusan organisasi atau lapisan proses bisnis
yang bertanggung jawab atas langkah-langkah perantara dalam rantai nilai
disebut disintermediasi.
Pasar digital Internet telah sangat memperluas penjualan barang
digital. Barang digital adalah barang yang bisa dikirim melalui jaringan
digital. Trek musik, video, film Hollywood, perangkat lunak, surat kabar,
majalah, dan buku semuanya dapat diungkapkan, disimpan, dikirim, dan dijual
sebagai produk digital murni.
10.2 E-COMMERCE: BISNIS DAN TEKNOLOGI
E-commerce telah berkembang dari beberapa iklan di portal Web awal
pada tahun 1995, menjadi lebih dari 6 persen dari seluruh penjualan eceran pada
tahun 2010 (sekitar $ 255 miliar), melampaui bisnis katalog pesanan lewat pos.
E-commerce adalah kombinasi yang menarik dari model bisnis dan teknologi
informasi baru. Mari kita mulai dengan pemahaman dasar tentang jenis
e-commerce, dan kemudian menjelaskan model bisnis dan pendapatan e-commerce.
JENIS E-COMMERCE
Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan transaksi perdagangan
elektronik. Salah satunya adalah dengan melihat sifat peserta dalam transaksi
perdagangan elektronik. Tiga kategori perdagangan elektronik utama adalah
e-commerce business-to-consumer (B2C), business-to-business (B2B), dan
consumer-to consumer (C2C) e-commerce.
- Perdagangan elektronik business-to-consumer (B2C)
melibatkan produk ritel dan layanan kepada pembeli individual. BarnesandNoble.com, yang menjual buku,
perangkat lunak, dan musik ke konsumen individual, adalah contoh B2C
e-commerce.
- Perdagangan elektronik business-to-business (B2B)
melibatkan penjualan barang dan jasa antar bisnis. Situs Web ChemConnect
untuk membeli dan menjual bahan kimia dan plastik adalah contoh B2B
e-commerce.
- Consumer-to-consumer (C2C) perdagangan elektronik
melibatkan konsumen yang menjual langsung ke konsumen. Misalnya, eBay,
situs lelang Web raksasa, memungkinkan orang menjual barang mereka ke
konsumen lain dengan melelang barang dagangan mereka ke penawar tertinggi,
atau dengan harga tetap. Craigslist adalah platform yang paling banyak
digunakan konsumen untuk membeli dan menjual langsung kepada orang lain.
Penggunaan perangkat nirkabel genggam untuk pembelian barang dan
jasa dari lokasi manapun disebut mobile commerce atau m-commerce.
MODEL BISNIS E-COMMERCE
Perubahan dalam ekonomi informasi yang dijelaskan sebelumnya telah
menciptakan kondisi bagi model bisnis yang sama sekali baru untuk muncul,
sekaligus menghancurkan model bisnis yang lebih tua. Semua, dengan satu atau
lain cara, gunakan Internet untuk menambahkan nilai ekstra pada produk dan
layanan yang ada atau memberikan fondasi untuk produk dan layanan baru.
Portal
Portal seperti Google, Bing, Yahoo, MSN, dan AOL menawarkan alat
pencarian Web yang hebat serta paket konten dan layanan terpadu, seperti
berita, e-mail, pesan instan, peta, kalender, belanja, unduhan musik, video
streaming, dan banyak lagi, semua dalam satu tempat. Awalnya, portal utamanya
adalah “gateway” ke Internet. Hari ini, bagaimanapun, model bisnis portal
menyediakan situs tujuan di mana pengguna memulai pencarian Web mereka dan
berlama-lama membaca berita, menemukan hiburan, dan bertemu dengan orang lain,
dan memaparkan iklan. Portal menghasilkan pendapatan terutama dengan menarik
khalayak yang sangat besar, membebankan pengiklan untuk penempatan iklan,
mengumpulkan biaya rujukan untuk mengarahkan pelanggan ke situs lain, dan
membebankan biaya untuk layanan premium.
E-tailer
Toko ritel online, yang sering disebut e-tailers, hadir dalam
semua ukuran, mulai dari Amazon raksasa dengan pendapatan 2010 lebih dari $ 24
miliar, hingga toko lokal kecil yang memiliki situs Web. Sebuah e-tailer mirip
dengan etalase batu bata dan mortir yang khas, kecuali bahwa pelanggan hanya
perlu terhubung ke Internet untuk memeriksa inventaris mereka dan melakukan
pemesanan.
Penyedia konten
Sementara e-commerce dimulai sebagai saluran produk ritel, semakin
berubah menjadi saluran konten global. “Konten” didefinisikan secara luas untuk
mencakup semua bentuk kekayaan intelektual. Properti intelektual mengacu pada
semua bentuk ekspresi manusia yang dapat dimasukkan ke dalam media berwujud
seperti teks, CD, DVD, atau disimpan pada media digital (atau lainnya),
termasuk Web. Penyedia konten mendistribusikan konten informasi, seperti video
digital, musik, foto, teks, dan karya seni, melalui Web. Proposisi nilai
penyedia konten online adalah konsumen dapat menemukan berbagai konten secara
online, mudah, dan membeli konten ini dengan harga murah, untuk dimainkan, atau
dilihat, di beberapa perangkat komputer atau smartphone. Podcasting adalah
metode untuk mempublikasikan siaran audio atau video melalui Internet, sehingga
memungkinkan pengguna untuk mendownload file audio atau video ke komputer
pribadi atau pemutar musik portabel mereka. Streaming adalah metode penerbitan
untuk file musik dan video yang mengalirkan arus konten kontinu ke perangkat
pengguna tanpa disimpan secara lokal di perangkat.
Broker Transaksi
Situs yang memproses transaksi untuk konsumen yang biasanya
ditangani secara langsung, melalui telepon, atau melalui pos adalah broker
transaksi. Industri terbesar yang menggunakan model ini adalah jasa keuangan
dan jasa perjalanan. Proposisi nilai utama broker transaksi online adalah
penghematan uang dan waktu, serta menyediakan persediaan produk keuangan dan
paket perjalanan yang luar biasa, di satu lokasi. Broker saham online dan
layanan pemesanan perjalanan mengenakan biaya yang jauh lebih rendah daripada
versi tradisional layanan ini.
Pencipta pasar
Pencipta pasar membangun lingkungan digital tempat pembeli dan
penjual dapat bertemu, menampilkan produk, mencari produk, dan menetapkan
harga. Proposisi nilai pencipta pasar online adalah mereka menyediakan platform
tempat penjual dapat dengan mudah menampilkan barang dagangan mereka dan di
mana pembeli dapat membeli langsung dari penjual.
Penyedia layanan
Sementara e-tailers menjual produk secara online, penyedia layanan
menawarkan layanan secara online. Ada ledakan dalam layanan online. Aplikasi
Web 2.0, berbagi foto, dan situs online untuk backup data dan penyimpanan
semuanya menggunakan model bisnis penyedia layanan. Perangkat lunak bukan lagi
produk fisik dengan CD di dalam kotak, namun semakin banyak perangkat lunak
sebagai layanan (SaaS) yang dimana Anda berlangganan secara online daripada membeli
dari pengecer (lihat Bab 5). Google telah memimpin pengembangan aplikasi
layanan perangkat lunak online seperti Google Apps, Gmail, dan layanan
penyimpanan data online.
Penyedia Komunitas
Penyedia komunitas adalah situs yang menciptakan lingkungan online
digital di mana orang-orang dengan minat yang sama dapat bertransaksi (membeli
dan menjual barang); berbagi minat, foto, video; berkomunikasi dengan orang
yang berpikiran sama; menerima informasi terkait minat; dan bahkan bermain
diluar fantasi dengan mengadopsi kepribadian online disebut avatar.
MODEL REVENUE E-COMMERCE
Model pendapatan perusahaan menggambarkan bagaimana perusahaan
akan memperoleh pendapatan, menghasilkan keuntungan, dan menghasilkan laba atas
investasi yang superior. Meskipun ada banyak model pendapatan e-commerce yang
berbeda yang telah dikembangkan, sebagian besar perusahaan mengandalkan satu
atau beberapa kombinasi dari enam model pendapatan berikut: iklan, penjualan, langganan,
gratis / free, biaya transaksi, dan afiliasi.
Dalam model pendapatan iklan, situs Web menghasilkan pendapatan
dengan menarik banyak pengunjung yang kemudian dapat terkena iklan. Model iklan
adalah model pendapatan yang paling banyak digunakan dalam e-commerce, dan
boleh dibilang, tanpa pendapatan iklan, Web akan menjadi pengalaman yang jauh
berbeda dari apa adanya sekarang.
Dalam model pendapatan penjualan, perusahaan
memperoleh pendapatan dengan menjual barang, informasi, atau layanan kepada
pelanggan. Perusahaan seperti Amazon (yang menjual buku, musik, dan produk
lainnya), LLBean.com, dan Gap.com, semuanya memiliki model pendapatan penjualan. Sistem
mikropayment menyediakan penyedia konten dengan metode biaya-efektif untuk
memproses volume transaksi moneter sangat kecil (dari $ 25 sampai $ 5,00 per
transaksi).
Dalam model pendapatan berlangganan, situs Web yang menawarkan
konten atau layanan mengenakan biaya berlangganan untuk akses ke beberapa atau
semua penawarannya secara berkelanjutan. Penyedia konten sering menggunakan
model pendapatan ini. Misalnya, versi online Consumer Reports menyediakan akses
ke konten premium, seperti penilaian, ulasan, dan rekomendasi terperinci, hanya
kepada pelanggan, yang memiliki pilihan untuk membayar biaya berlangganan
bulanan sebesar $ 5,95 atau biaya tahunan sebesar $ 26,00.
Dalam model pendapatan bebas / free, perusahaan menawarkan layanan
dasar atau konten secara gratis, sambil mengenakan premium untuk fitur lanjutan
atau fitur khusus.
Dalam model pendapatan biaya transaksi, perusahaan menerima biaya
untuk mengaktifkan atau melaksanakan transaksi.
Dalam model pendapatan afiliasi, situs Web (disebut “situs web
afiliasi”) mengirim pengunjung ke situs Web lain dengan imbalan biaya rujukan
atau persentase pendapatan dari penjualan yang dihasilkan.
WEB 2.0: JARINGAN SOSIAL DAN KEBIJAKSANAAN ORANG BANYAK
Salah satu area pendapatan e-commerce paling cepat berkembang
adalah layanan online Web 2.0, yang kami jelaskan di Bab 7. Layanan Web 2.0
yang paling populer adalah jejaring sosial, tempat pertemuan online di mana
orang dapat bertemu teman dan teman-teman mereka. Setiap hari lebih dari 60
juta pengguna internet di Amerika Serikat mengunjungi situs jejaring sosial
seperti Facebook, MySpace, LinkedIn, dan ratusan lainnya. Situs jejaring sosial
menghubungkan orang-orang melalui hubungan bisnis dan pribadi mereka, sehingga
memungkinkan mereka menambang teman mereka (dan teman -teman mereka) untuk
prospek penjualan, tip kerja, atau teman baru.
Menciptakan situs di mana ribuan, bahkan jutaan orang dapat
berinteraksi menawarkan bisnis kepada perusahaan yaitu cara baru untuk
memasarkan dan mengiklankan, serta untuk menemukan siapa yang suka (atau
membenci) produk mereka. Dalam sebuah fenomena yang disebut “kebijaksanaan
orang banyak,” beberapa orang berpendapat bahwa sejumlah besar orang dapat
membuat keputusan yang lebih baik mengenai berbagai topik atau produk daripada
satu orang atau bahkan komite ahli kecil (Surowiecki, 2004). Selain meminta
saran, perusahaan dapat secara aktif membantu memecahkan beberapa masalah
bisnis dengan menggunakan apa yang disebut crowdsourcing. Perusahaan juga bisa
menggunakan kebijaksanaan orang banyak dalam bentuk prediksi pasar. Pasar
prediksi ditetapkan sebagai pasar taruhan peer-to-peer dimana para peserta
membuat taruhan pada hasil spesifik, katakanlah, penjualan produk baru tiga
bulan, desain untuk produk baru, atau pemilihan politik.
E-COMMERCE MARKETING
Sementara e-commerce dan Internet telah mengubah seluruh industri
dan memungkinkan model bisnis baru, industri tidak lebih terpengaruh daripada
komunikasi pemasaran dan pemasaran. Internet memberi para pemasar cara baru
untuk mengidentifikasi dan berkomunikasi dengan jutaan pelanggan potensial
dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada media tradisional, termasuk
pemasaran mesin telusur, data mining, sistem recommender, dan e-mail yang
ditargetkan. Internet memungkinkan pemasaran panjang.
Banyak perusahaan pemasaran e-commerce menggunakan teknik
penargetan perilaku untuk meningkatkan efektivitas iklan banner, multimedia,
dan video. Penargetan perilaku mengacu pada pelacakan aliran klik (riwayat
perilaku klik) individu di ribuan situs Web untuk tujuan memahami minat dan
niat mereka, dan mengeksposnya ke iklan yang sesuai secara unik dengan tingkah
laku mereka.
B2B E-COMMERCE: EFISIENSI BARU DAN HUBUNGANNYA
Perdagangan antara perusahaan bisnis (business-to-business
commerce atau B2B) mewakili pasar yang sangat besar. Jumlah total perdagangan
B2B di Amerika Serikat pada tahun 2009 adalah sekitar $ 12,2 triliun, dengan
B2B e-commerce (B2B online) berkontribusi sekitar $ 3,6 triliun dari jumlah
tersebut (Biro Sensus A.S., 2010; perkiraan penulis). Pada tahun 2014, B2B
e-commerce telah tumbuh menjadi sekitar $ 5,1 triliun di Amerika Serikat,
dengan asumsi tingkat pertumbuhan rata-rata sekitar 7 persen. Proses melakukan
perdagangan antar perusahaan bisnis sangat kompleks dan membutuhkan intervensi
manusia yang signifikan, dan karena itu mengkonsumsi sumber daya yang
signifikan. Beberapa perusahaan memperkirakan bahwa setiap pesanan pembelian
perusahaan untuk produk pendukung membebankan biaya tersebut, rata-rata,
setidaknya $ 100 untuk biaya administrasi.
Sekitar 80 persen e-commerce online B2B masih berbasis pada sistem
proprietary untuk electronic data interchange (EDI). Pertukaran data elektronik
memungkinkan pertukaran komputer-komputer antara dua organisasi transaksi
standar seperti faktur, bill of lading, jadwal pengiriman, atau pesanan
pembelian.
Jaringan industri swasta biasanya terdiri dari perusahaan besar
yang menggunakan ekstranet untuk terhubung ke pemasoknya dan mitra bisnis utama
lainnya. Jaringan tersebut dimiliki oleh pembeli, dan memungkinkan perusahaan
dan pemasok, distributor, serta mitra bisnis lainnya untuk berbagi desain dan
pengembangan produk, pemasaran, penjadwalan produksi, manajemen persediaan, dan
komunikasi tidak terstruktur, termasuk grafik dan e-mail. Istilah lain untuk
jaringan industri swasta adalah pertukaran pribadi.
Ada banyak jenis pasar bersih dan cara mengklasifikasikannya.
Beberapa pasar bersih menjual barang langsung dan beberapa menjual barang tidak
langsung. Barang langsung adalah barang yang digunakan dalam proses produksi,
seperti lembaran baja untuk produksi bodi mobil. Barang tidak langsung adalah
barang lain yang tidak terlibat langsung dalam proses produksi, seperti
perlengkapan kantor atau produk untuk perawatan dan perbaikan.
Bursa secara independen memiliki pasar bersih pihak ketiga yang
menghubungkan ribuan pemasok dan pembeli untuk pembelian spot. Banyak bursa
memberikan pasar vertikal untuk industri tunggal, seperti makanan, peralatan
elektronik, atau peralatan industri, dan mereka terutama menangani input
langsung.
10.3 MOBILE DIGITAL PLATFORM DAN MOBILE E-COMMERCE
Berjalanlah di jalan di area metropolitan utama manapun dan hitung
berapa banyak orang yang sedang mogok di iPhone atau BlackBerry mereka. Naik
kereta api, naik pesawat, dan Anda akan melihat sesama pelancong membaca koran
online, menonton video di telepon mereka, atau membaca novel di Kindle mereka.
Dalam lima tahun, mayoritas pengguna internet di Amerika Serikat akan
mengandalkan perangkat mobile sebagai perangkat utama mereka untuk mengakses
Internet. M-commerce telah lepas landas.
LAYANAN DAN APLIKASI M-COMMERCE
Bidang utama pertumbuhan dalam mobile e-commerce adalah layanan
berbasis lokasi, sekitar $ 215 juta pendapatan pada tahun 2010; penjualan
aplikasi perangkat lunak di toko-toko seperti iTunes (sekitar $ 1,8 miliar);
download hiburan nada dering, musik, video, dan acara TV (sekitar $ 1 miliar);
iklan display seluler ($ 784 juta); layanan belanja langsung seperti Slifter ($
200 juta); dan penjualan e-book ($ 338 juta). Aplikasi m-commerce telah
diluncurkan untuk layanan yang sangat penting, yang menarik perhatian
orang-orang yang sedang bergerak, atau yang menyelesaikan tugas dengan lebih
efisien daripada metode lainnya.
Layanan Berbasis Lokasi
Wikitude.me menyediakan jenis browser khusus untuk ponsel pintar
yang dilengkapi dengan sistem penentuan posisi global (GPS) dan kompas yang
dapat mengidentifikasi lokasi Anda yang tepat dan di mana telepon diarahkan.
Dengan menggunakan informasi dari lebih dari 800.000 tempat menarik yang
tersedia di Wikipedia, ditambah ribuan situs lokal lainnya, browser akan melapisi
informasi tentang tempat menarik yang Anda lihat, dan menampilkan informasi itu
di layar ponsel cerdas Anda, yang dilapiskan pada peta atau foto yang baru saja
Anda lihat .
Perbankan dan Jasa Keuangan
Bank dan perusahaan kartu kredit meluncurkan layanan yang
memungkinkan pelanggan mengelola akun mereka dari perangkat mobile mereka.
Pelanggan JPMorgan Chase dan Bank of America dapat menggunakan ponsel mereka
untuk memeriksa saldo rekening, mentransfer dana, dan membayar tagihan.
Periklanan dan Ritel Nirkabel
Meskipun pasar iklan mobile saat ini kecil ($ 784 juta), tumbuh
dengan cepat (naik 17 persen dari tahun lalu dan diperkirakan akan tumbuh
menjadi lebih dari $ 6,2 miliar pada tahun 2014), karena semakin banyak
perusahaan mencari cara untuk memanfaatkan database baru lokasi- informasi
spesifik.
Game dan Hiburan
Ponsel telah berkembang menjadi platform hiburan portabel.
Smartphone seperti iPhone dan Android menawarkan download dan streaming game
digital, film, acara TV, musik, dan nada dering. Pengguna layanan broadband
dari vendor nirkabel utama dapat melakukan streaming klip video on-demand, klip
berita, dan laporan cuaca. MobiTV, yang ditawarkan oleh Sprint dan AT & T
Wireless, menampilkan program TV langsung, termasuk MSNBC dan Fox Sports. Perusahaan
film mulai memproduksi film pendek yang secara eksplisit dirancang untuk
dimainkan di ponsel.
10.4 MEMBANGUN SITUS WEB E-COMMERCE
Membangun situs e-commerce yang sukses memerlukan pemahaman
bisnis, teknologi, dan isu sosial yang tajam, serta pendekatan yang sistematis.
Perlakuan lengkap terhadap topik ini berada di luar cakupan teks ini, dan siswa
harus berkonsultasi dengan buku yang hanya membahas topik ini (Laudon and
Traver, 2011). Dua tantangan manajemen yang paling penting dalam membangun
situs e-commerce yang sukses adalah (1) mengembangkan pemahaman yang jelas
tentang tujuan bisnis Anda dan (2) mengetahui bagaimana memilih teknologi yang
tepat untuk mencapai tujuan tersebut.
PIECES PUZZLE SITE-BUILDING
Pertama, Anda harus menyadari area utama di mana Anda perlu
membuat keputusan. Pada bagian organisasi dan sumber daya manusia, Anda harus
mengumpulkan tim individu yang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk
membangun dan mengelola situs e-commerce yang sukses. Tim ini akan membuat
keputusan penting tentang teknologi, desain situs, dan kebijakan sosial dan
informasi yang akan diterapkan di situs Anda. Seluruh upaya pengembangan situs
harus dikelola dengan ketat jika Anda berharap terhindar dari bencana yang
terjadi di beberapa perusahaan. Anda juga perlu membuat keputusan tentang
perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur perkantoran Anda. Tuntutan
pelanggan Anda harus mendorong pilihan teknologi Anda. Pelanggan Anda
menginginkan teknologi yang memungkinkan mereka menemukan yang mereka inginkan
dengan mudah, melihat produk, membeli produk, dan kemudian menerima produk dari
gudang Anda dengan cepat. Anda juga harus mempertimbangkan dengan hati-hati
desain situs Anda. Begitu Anda telah mengidentifikasi area pengambilan
keputusan utama, Anda perlu memikirkan rencana proyek.
TUJUAN BISNIS, FUNGSIONALITAS SISTEM, DAN PERSYARATAN INFORMASI
Dalam merencanakan situs Web Anda, Anda perlu menjawab pertanyaan,
“Apa yang kita inginkan dari situs e-commerce untuk bisnis kita?” Pelajaran
utama yang harus dipelajari di sini adalah membiarkan keputusan bisnis
mendorong teknologi, bukan sebaliknya. Ini akan memastikan bahwa platform
teknologi Anda selaras dengan bisnis Anda. Kami akan berasumsi bahwa Anda telah
mengidentifikasi strategi bisnis dan memilih model bisnis untuk mencapai tujuan
strategis Anda. Perencanaan Anda harus mengidentifikasi tujuan bisnis yang
spesifik untuk situs Anda, dan kemudian mengembangkan daftar fungsi sistem dan
persyaratan informasi. Tujuan bisnis hanyalah kemampuan yang Anda inginkan
untuk dimiliki situs Anda. Fungsi sistem adalah jenis kemampuan sistem
informasi yang Anda perlukan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Persyaratan
informasi untuk suatu sistem adalah elemen informasi yang harus dihasilkan
sistem agar mencapai tujuan bisnis.
MEMBANGUN SITUS WEB: DI DALAM RUMAH VERSUS OUTSOURCING
Ada banyak pilihan untuk membangun dan memelihara situs Web.
Banyak tergantung berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan. Pilihan
berkisar dari outsourcing seluruh pengembangan situs web ke vendor eksternal
untuk membangun semuanya sendiri (di-rumah). Anda juga memiliki keputusan kedua
untuk membuat: akankah Anda meng-host (mengoperasikan) situs di server
perusahaan Anda sendiri atau akankah Anda melakukan outsourcing hosting ke
penyedia host Web? Ada beberapa vendor yang akan merancang, membangun, dan
meng-host situs Anda, sementara yang lain akan membangun atau host (tapi tidak
keduanya).
Keputusan Pembangunan
Jika Anda memilih untuk membangun situs Anda sendiri, ada berbagai
pilihan. Kecuali Anda cukup terampil, Anda harus menggunakan template
sebelumnya untuk membuat situs Web.
Keputusan Hosting
Sekarang mari kita lihat keputusan hosting. Sebagian besar bisnis
memilih untuk melakukan outsourcing hosting dan membayar perusahaan untuk
meng-host situs Web mereka, yang berarti bahwa perusahaan hosting bertanggung
jawab untuk memastikan situs tersebut “live” atau dapat diakses, 24 jam sehari.
Dengan menyetujui biaya bulanan, bisnis tidak perlu memikirkan aspek teknis
dalam menyiapkan dan merawat server Web, tautan telekomunikasi, atau penempatan
khusus.
Anggaran Situs Web
Situs Web Sederhana dapat dibangun dan dihuni dengan biaya tahun
pertama sebesar $ 5.000 atau kurang. Situs web perusahaan besar dengan tingkat
interaktivitas dan keterkaitan yang tinggi dengan sistem perusahaan
menghabiskan biaya beberapa juta dolar setahun untuk dibuat dan dioperasikan.
0 komentar:
Posting Komentar