Mencapai Keunggulan Operasional dan Kedekatan dengan Pelanggan: Aplikasi Perusahaan
Bab 9 Mencapai Keunggulan Operasional dan Kedekatan dengan Pelanggan: Aplikasi Perusahaan
9.1 SISTEM PERUSAHAAN
Di seluruh dunia, perusahaan semakin lebih
terhubung, baik secara internal maupun dengan perusahaan lain. Jika Anda
menjalankan bisnis, Anda pasti ingin bisa bereaksi seketika ketika pelanggan
memesan secara besar-besaran atau saat pengiriman dari pemasok terlambat. Anda
mungkin juga ingin mengetahui dampak dari kejadian ini di setiap bagian bisnis
dan bagaimana kinerja bisnis pada setiap saat, terutama jika Anda menjalankan
perusahaan besar. Sistem perusahaan menyediakan integrasi untuk memungkinkan
hal ini dilakukan.
APA ITU SISTEM PERUSAHAAN?
Bab 2 memperkenalkan sistem perusahaan, juga dikenal
sebagai sistem perencanaan sumber daya perusahaan (enterprise resource planning
/ ERP), yang didasarkan pada rangkaian modul perangkat lunak terpadu dan
database pusat umum. Database mengumpulkan data dari berbagai divisi dan
departemen di perusahaan, dan dari sejumlah besar proses bisnis utama di bidang
manufaktur dan produksi, keuangan dan akuntansi, penjualan dan pemasaran, dan
sumber daya manusia, membuat data tersedia untuk aplikasi yang mendukung hampir
semua dari aktivitas bisnis internal organisasi. Ketika informasi baru
dimasukkan dalam satu proses, informasi tersebut segera tersedia untuk proses
bisnis lainnya
PERANGKAT LUNAK PERUSAHAAN
Perangkat lunak perusahaan dibangun di sekitar
ribuan proses bisnis yang telah ditetapkan yang mencerminkan praktik terbaik.
Perusahaan yang menerapkan perangkat lunak ini pertama-tama harus memilih
fungsi sistem yang ingin mereka gunakan dan kemudian memetakan proses bisnis
mereka ke proses bisnis yang telah ditetapkan dalam perangkat lunak.
NILAI BISNIS PADA SISTEM PERUSAHAAN
Sistem perusahaan memberikan nilai baik dengan
meningkatkan efisiensi operasional dan dengan menyediakan informasi yang
lengkap untuk membantu manajer membuat keputusan yang lebih baik. Perusahaan
besar dengan banyak unit operasi di lokasi yang berbeda telah menggunakan
sistem perusahaan untuk menerapkan praktik dan data standar sehingga setiap
orang melakukan bisnis dengan cara yang sama di seluruh dunia. Sistem
perusahaan memberikan banyak informasi berharga untuk memperbaiki pengambilan
keputusan manajemen. Kantor pusat perusahaan memiliki akses terhadap data
penjualan, inventaris, dan produksi yang up to date dan menggunakan informasi
ini untuk menghasilkan perkiraan penjualan dan produksi yang lebih akurat.
Perangkat lunak perusahaan mencakup alat analisis untuk menggunakan data yang
ditangkap oleh sistem untuk mengevaluasi keseluruhan kinerja organisasi. Data
sistem perusahaan memiliki definisi dan format standar yang umum yang diterima
oleh keseluruhan organisasi.
9.2 SISTEM MANAJEMEN RANTAI PASOKAN
Jika Anda mengelola sebuah perusahaan kecil yang
membuat beberapa produk atau menjual beberapa layanan, kemungkinan Anda akan
memiliki sejumlah kecil pemasok. Anda bisa mengkoordinasikan pesanan dan
pengiriman pemasok Anda menggunakan telepon dan mesin faks. Tetapi jika Anda
mengelola perusahaan yang menghasilkan produk dan layanan yang lebih kompleks,
Anda akan memiliki ratusan pemasok, dan pemasok Anda masing-masing memiliki
pemasok mereka sendiri. Tiba-tiba, Anda berada dalam situasi di mana Anda perlu
mengkoordinasikan kegiatan ratusan atau bahkan ribuan perusahaan lain untuk
menghasilkan produk dan layanan Anda. Sistem manajemen rantai pasokan, yang
kami perkenalkan di Bab 2, adalah jawaban atas masalah kompleksitas dan skala
rantai pasokan ini.
RANTAI PASOKAN
Rantai pasokan perusahaan adalah jaringan organisasi
dan proses bisnis untuk pengadaan bahan baku, mengubah bahan-bahan ini menjadi
produk setengah jadi dan jadi, dan mendistribusikan produk jadi kepada
pelanggan. Ini menghubungkan pemasok, pabrik, pusat distribusi, gerai ritel,
dan pelanggan untuk memasok barang dan jasa dari sumber melalui konsumsi.
Bahan, informasi, dan pembayaran mengalir melalui rantai pasokan di kedua arah.
Gambar 9-2 memberikan ilustrasi sederhana tentang
rantai pasokan Nike untuk sepatu kets; Ini menunjukkan arus informasi dan
materi di antara pemasok, Nike, dan distributor, pengecer, dan pelanggan Nike.
Produsen kontrak Nike adalah pemasok utamanya. Pemasok sol, lubang tali, bagian
atas, dan tali pengikat sekunder (Tier 2). Pemasok ke pemasok ini adalah
pemasok tersier (Tier 3). Bagian hulu dari rantai pasokan mencakup pemasok
perusahaan, pemasok pemasok, dan proses untuk mengelola hubungan dengan mereka.
Bagian hilir terdiri dari organisasi dan proses untuk mendistribusikan dan
mengantarkan produk ke pelanggan akhir. Perusahaan yang melakukan manufaktur,
seperti pemasok sneaker kontrak Nike, juga mengelola proses rantai pasokan
internal mereka sendiri untuk mengubah material, komponen, dan layanan yang
diberikan oleh pemasok mereka menjadi produk jadi atau produk setengah jadi
(komponen atau bagian) untuk pelanggan mereka dan untuk mengelola bahan dan
persediaan.
SISTEM INFORMASI DAN MANAJEMEN RANTAI PASOKAN
Jika produsen memiliki informasi yang sempurna
tentang berapa banyak unit yang diinginkan oleh pelanggan produk, kapan mereka
menginginkannya, dan kapan produk bisa diproduksi, kemungkinan menerapkan
strategi just-in-time bisa sangat efisien. Satu masalah berulang dalam
manajemen rantai pasokan adalah efek bullwhip, di mana informasi tentang
permintaan akan produk terdistorsi karena melewati satu entitas ke entitas
berikutnya melintasi rantai pasokan. Bullwhip dijinakkan dengan mengurangi
ketidakpastian tentang permintaan dan penawaran ketika semua anggota rantai
pasokan memiliki informasi yang akurat dan terbaru. Jika semua anggota rantai
pasokan berbagi informasi dinamis tentang tingkat persediaan, jadwal,
prakiraan, dan pengiriman, mereka memiliki pengetahuan yang lebih tepat tentang
bagaimana menyesuaikan sumber, pembuatan, dan rencana distribusi mereka. Sistem
manajemen rantai pasokan menyediakan jenis informasi yang membantu anggota rantai
pasokan membuat keputusan pembelian dan penjadwalan yang lebih baik.
PERANGKAT LUNAK MANAJEMEN RANTAI PASOKAN
Perangkat lunak rantai pasokan diklasifikasikan
sebagai perangkat lunak untuk membantu bisnis merencanakan rantai pasokan
mereka (perencanaan rantai pasokan) atau perangkat lunak untuk membantu mereka
menjalankan langkah-langkah rantai pasokan (eksekusi rantai pasokan). Sistem
perencanaan rantai pasokan memungkinkan perusahaan untuk memodelkan rantai
pasokan yang ada, menghasilkan perkiraan permintaan untuk produk, dan
mengembangkan sumber serta rencana manufaktur yang optimal. Salah satu fungsi
perencanaan rantai pasokan yang paling penting dan kompleks adalah perencanaan
permintaan, yang menentukan berapa banyak produk yang dibutuhkan bisnis untuk
memenuhi semua kebutuhan pelanggannya. Sistem eksekusi rantai pasokan mengelola
arus produk melalui pusat distribusi dan gudang untuk memastikan bahwa produk
dikirim ke lokasi yang tepat dengan cara yang paling efisien.
RANTAI PASOKAN GLOBAL DAN INTERNET
Sebelum Internet, koordinasi rantai pasokan
terhambat oleh kesulitan membuat arus informasi lancar di antara sistem rantai
pasokan internal yang berbeda untuk pembelian, pengelolaan bahan, manufaktur,
dan distribusi. Juga sulit untuk berbagi informasi dengan mitra rantai pasokan
eksternal karena sistem pemasok, distributor, atau penyedia logistik didasarkan
pada platform dan standar teknologi yang tidak kompatibel. Perusahaan dan
sistem manajemen rantai pasokan yang disempurnakan dengan teknologi Internet
akan memasok beberapa integrasi ini.
Semakin banyak perusahaan memasuki pasar
internasional, melakukan outsourcing operasi manufaktur, dan mendapatkan
pasokan dari negara lain dan juga penjualan ke luar negeri. Rantai pasokan
mereka meluas ke beberapa negara dan wilayah. Ada kompleksitas dan tantangan
tambahan untuk mengelola rantai pasokan global. Rantai pasokan global biasanya
menjangkau jarak geografis dan perbedaan waktu yang lebih besar daripada rantai
pasokan domestik dan memiliki peserta dari sejumlah negara yang berbeda. Sistem
manajemen rantai pasokan terdahulu didorong oleh model berbasis push (juga dikenal
sebagai build-to-stock). Dalam model berbasis push, jadwal induk produksi
didasarkan pada perkiraan atau perkiraan terbaik untuk permintaan produk, dan
produk “didorong” ke pelanggan. Dengan arus informasi baru yang dimungkinkan
oleh alat berbasis Web, manajemen rantai pasokan lebih mudah mengikuti model
berbasis tarikan. Dalam model berbasis tarikan, juga dikenal sebagai model
demanddriven atau pesanan, pesanan pelanggan aktual atau pembelian, memicu
peristiwa dalam rantai pasokan. Transaksi untuk menghasilkan dan memberikan
hanya apa yang dipesan pelanggan telah menaikkan rantai pasokan dari pengecer
ke distributor ke produsen dan akhirnya ke pemasok.
NILAI BISNIS SISTEM MANAJEMEN RANTAI PASOKAN
Anda baru saja melihat bagaimana sistem manajemen
rantai pasokan memungkinkan perusahaan merampingkan proses rantai pasok
internal dan eksternal mereka dan memberi manajemen informasi yang lebih akurat
tentang apa yang harus diproduksi, disimpan, dan dipindahkan. Dengan menerapkan
sistem manajemen rantai pasokan terpadu dan jaringan, perusahaan mencocokkan
penawaran dengan permintaan, mengurangi tingkat persediaan, memperbaiki layanan
pengiriman, mempercepat waktu produk ke pasar, dan menggunakan aset dengan
lebih efektif.
9.3 SISTEM MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
Anda mungkin pernah mendengar ungkapan seperti
“pelanggan selalu benar” atau “pelanggan datang lebih dulu.” Hari ini kata-kata
ini lebih benar dari sebelumnya. Karena keunggulan kompetitif berdasarkan
produk atau layanan baru yang inovatif seringkali sangat singkat, perusahaan
menyadari bahwa kekuatan persaingan mereka yang bertahan lama mungkin adalah
hubungan mereka dengan pelanggan mereka. Ada yang mengatakan bahwa dasar
persaingan telah beralih dari siapa yang menjual sebagian besar produk dan
layanan kepada siapa “memiliki” pelanggan, dan bahwa hubungan dengan pelanggan
merupakan aset perusahaan yang paling berharga.
APA ITU MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN?
Informasi apa yang Anda perlukan untuk membangun dan
memelihara hubungan yang kuat dan bertahan lama dengan pelanggan? Anda ingin
tahu dengan pasti siapa pelanggan Anda, bagaimana cara menghubungi mereka,
apakah harganya mahal untuk dijual dan dijual, jenis produk dan layanan apa
yang mereka minati, dan berapa banyak uang yang mereka keluarkan untuk
perusahaan Anda. Jika bisa, Anda ingin memastikan Anda mengenal setiap
pelanggan dengan baik, seolah-olah Anda mengelola toko kota kecil. Dan Anda
ingin membuat pelanggan Anda yang baik merasa istimewa. Sistem manajemen
hubungan pelanggan (CRM), yang kami perkenalkan di Bab 2, menangkap dan
mengintegrasikan data pelanggan dari seluruh penjuru organisasi,
mengkonsolidasikan data, menganalisis data, dan kemudian mendistribusikan
hasilnya ke berbagai sistem dan titik sentuhan pelanggan di seluruh perusahaan.
Titik sentuh (juga dikenal sebagai titik kontak) adalah metode interaksi dengan
pelanggan, seperti telepon, e-mail, meja layanan pelanggan, surat konvensional,
situs Web, perangkat nirkabel, atau toko eceran. Sistem CRM yang dirancang
dengan baik memberikan pandangan perusahaan terhadap pelanggan yang berguna
untuk meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan. Sistem semacam itu juga
memberi pelanggan pandangan tunggal perusahaan terlepas dari titik sentuh yang
digunakan pelanggan (lihat Gambar 9-6).
PERANGKAT LUNAK MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
Paket perangkat lunak CRM komersial berkisar dari
alat khusus yang melakukan fungsi terbatas, seperti personalisasi situs Web
untuk pelanggan tertentu, hingga aplikasi perusahaan skala besar yang menangkap
banyak interaksi dengan pelanggan, menganalisisnya dengan alat pelaporan yang
canggih, dan menautkan ke aplikasi perusahaan besar lainnya, seperti manajemen
rantai pasokan dan sistem perusahaan. Paket CRM yang lebih komprehensif berisi
modul untuk manajemen hubungan mitra (PRM) dan manajemen hubungan karyawan
(ERM).
Modul otomasi tenaga penjualan dalam sistem CRM
membantu staf penjualan meningkatkan produktivitas mereka dengan memfokuskan
upaya penjualan pada pelanggan yang paling menguntungkan, yaitu kandidat yang
baik untuk penjualan dan layanan. Sistem CRM memberikan informasi prospek
penjualan dan informasi kontak, informasi produk, kemampuan konfigurasi produk,
dan kemampuan penjualan kutipan.
Modul layanan pelanggan dalam sistem CRM menyediakan
informasi dan alat untuk meningkatkan efisiensi call center, help desk, dan
staf pendukung pelanggan. Mereka memiliki kemampuan untuk menetapkan dan
mengelola permintaan layanan pelanggan. Sistem CRM mendukung kampanye pemasaran
langsung dengan menyediakan kemampuan untuk menangkap data prospek dan
pelanggan, untuk menyediakan informasi produk dan layanan, untuk prospek yang
memenuhi syarat untuk pemasaran yang ditargetkan, dan untuk penjadwalan serta pelacakan
surat pemasaran langsung atau e-mail. Cross-selling adalah pemasaran produk
pelengkap kepada pelanggan.
CRM OPERASIONAL DAN ANALITIS
Semua aplikasi yang baru saja kami gambarkan
mendukung aspek operasional atau analisis manajemen hubungan pelanggan. CRM
operasional mencakup aplikasi yang menghadapi pelanggan, seperti alat untuk
otomasi tenaga penjualan, call center dan dukungan layanan pelanggan, dan
otomasi pemasaran. Analytical CRM mencakup aplikasi yang menganalisis data
pelanggan yang dihasilkan oleh aplikasi CRM operasional untuk memberikan
informasi yang berguna untuk meningkatkan kinerja bisnis. Nilai pelanggan
seumur hidup (CLTV) didasarkan pada hubungan antara pendapatan yang dihasilkan
oleh pelanggan tertentu, biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh dan melayani
pelanggan tersebut, dan harapan hubungan antara pelanggan dan perusahaan.
NILAI NILAI SISTEM MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
Perusahaan dengan sistem manajemen hubungan
pelanggan yang efektif menyadari banyak manfaat, termasuk meningkatkan kepuasan
pelanggan, mengurangi biaya pemasaran langsung, pemasaran yang lebih efektif,
dan biaya yang lebih rendah untuk akuisisi dan retensi pelanggan. Informasi
dari sistem CRM meningkatkan pendapatan penjualan dengan mengidentifikasi
pelanggan dan segmen yang paling menguntungkan untuk fokus pemasaran dan
penjualan silang.
9.4 APLIKASI PERUSAHAAN: PELUANG BARU DAN TANTANGAN
Banyak perusahaan telah menerapkan sistem perusahaan
serta sistem perusahaan untuk manajemen rantai pasokan dan hubungan pelanggan
karena instrumen tersebut sangat kuat untuk mencapai keunggulan operasional dan
meningkatkan pengambilan keputusan. Tapi justru karena mereka begitu hebat
dalam mengubah cara kerja organisasi, mereka tertantang untuk
mengimplementasikan. Mari kita simak beberapa tantangan ini, dan juga cara baru
untuk mendapatkan nilai dari sistem ini.
TANTANGAN APLIKASI PERUSAHAAN
Aplikasi perusahaan melibatkan perangkat lunak yang
rumit yang sangat mahal untuk dibeli dan diterapkan. Mungkin dibutuhkan
perusahaan Fortune 500 yang besar beberapa tahun untuk menyelesaikan penerapan
sistem perusahaan secara besar-besaran atau sistem untuk SCM atau CRM. Aplikasi
perusahaan tidak hanya memerlukan perubahan teknologi yang mendalam, tetapi
juga perubahan mendasar dalam cara bisnis beroperasi. Aplikasi perusahaan juga
memperkenalkan “biaya switching.” Begitu Anda menerapkan aplikasi perusahaan
dari satu vendor tunggal, seperti SAP, Oracle, atau lainnya, sangat mahal untuk
mengganti vendor, dan perusahaan Anda menjadi tergantung pada vendor untuk
meningkatkan produk dananya. pertahanan instalasi aplikasi perusahaan Anda
didasarkan pada definisi keseluruhan organisasi. Anda harus memahami dengan
tepat bagaimana bisnis Anda menggunakan datanya dan bagaimana data akan diatur dalam
manajemen hubungan pelanggan, manajemen rantai pasokan, atau sistem perusahaan.
Sistem CRM biasanya membutuhkan beberapa pembersihan data.
APLIKASI PERUSAHAAN GENERASI BERIKUTNYA
Saat ini, vendor aplikasi perusahaan memberikan
nilai lebih dengan menjadi lebih fleksibel, Web-enabled, dan mampu melakukan
integrasi dengan sistem lain. Sistem perusahaan mandiri, sistem hubungan
pelanggan, dan sistem manajemen rantai pasokan menjadi sesuatu dari masa lalu.
Vendor perangkat lunak perusahaan besar telah menciptakan apa yang mereka sebut
solusi perusahaan, suite perusahaan, atau suite e-bisnis untuk membuat
manajemen hubungan pelanggan mereka, manajemen rantai pasokan, dan sistem
perusahaan bekerja sama satu sama lain, dan terhubung ke sistem pelanggan dan pemasok.
SAP Business Suite, e-Business Suite Oracle, dan suite Microsoft Dynamics
(ditujukan untuk perusahaan menengah) adalah contohnya, dan mereka sekarang
memanfaatkan layanan Web dan arsitektur berorientasi layanan (SOA, lihat Bab
5). Aplikasi enterprise generasi SAP didasarkan pada arsitektur berorientasi
perushaan. Hal ini menggabungkan standar
arsitektur berorientasi layanan (SOA) dan menggunakan alat NetWeaver sebagai
platform integrasi yang menghubungkan aplikasi SAP dan layanan Web yang
dikembangkan oleh vendor perangkat lunak independen. Tujuannya agar aplikasi
enterprise lebih mudah diimplementasikan dan dikelola.
Platform layanan mengintegrasikan beberapa aplikasi
dari beberapa fungsi bisnis, unit bisnis, atau mitra bisnis untuk memberikan
pengalaman yang mulus bagi pelanggan, karyawan, manajer, atau mitra bisnis.
Semakin banyak, layanan baru ini akan disampaikan melalui portal. Perangkat
lunak portal dapat mengintegrasikan informasi dari aplikasi perusahaan dan
sistem warisan in-house yang berbeda, mempresentasikannya kepada pengguna
melalui antarmuka Web sehingga informasi tersebut tampaknya berasal dari satu
sumber.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.
Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com
Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.
Sepatah kata cukup untuk orang bijak.