Inventory Management.
KONTEN
12
Sebuah Produk yang berkualitas adalah produk yang
memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. Jadi, produk atau jasa yang
berkualitas adalah yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan dalam 8
(delapan) dimensi yaitu :
Performance.
Bagaimana suatu produk dapat difungsikan dengan baik
Aesthetics.
Menunjukan kejelasan produks (style, beauty)
Serviceability.
Kualitas kemudahan perawatan dan
perbaikan produk.
Features.
Karakteristik produk yang berbeda atas produks yang sama.
Reliability.
Kemungkinan bahwa produk atau service
dapat diandalkan dalam waktu yg lama.
Durability.
Lama fungsi sebuah Produk
Quality
of conformance. Kesesuaian produk dengan kualitas/specifications.
Fitness
for use. Kecocokan penggunaan produk sesuai yang diharapkan
Biaya
Kualitas
Sedangkan
biaya kualitas itu sendiri adalah biaya-biaya yang timbul karena mungkin atau
telah terdapat produk yang buruk kualitasnya. Dalam hal ini, biaya kualitas
berkaitan dengan kegiatan pengendalian dan kegiatan karena kegagalan. Zero defects berarti bahwa
semua produks sesuai dengan specifications.(Berkualitas)
Empat
kategori biaya kualitas :
Biaya
pencegahan yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mencegah dihasilkannya
kualitas buruk.
Biaya
penilaian yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mendeteksi adanya kualitas
yang buruk.
Biaya
kegagalan internal yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan karena produk gagal
memenuhi persyaratannya dan kegagalan ini diketahui sebelum dilakukannya
penjualan.
Biaya
kegagalan eksternal yaitu biaya-biaya yang terjadi karena produk gagal memenuhi
persyaratannya setelah terjadinya penjualan.
Klasifikasi
biaya kualitas, antara lain :
Biaya
yang dapat diamati (observable quality costs) merupakan biaya-biaya yang
tersedia atau dapat diperoleh dari catatan akuntansi perusahaan.
Biaya
yang tidak dapat diamati (hidden costs) adalah biaya kesempatan atau
oportunitas yang terjadi karena adanya kualitas yang buruk .
Tiga
metode untuk mengestimasi biaya kualitas tersembunyi :
Metode
Pengali
Mengasumsikan
bahwa total biaya kegagalan adalah hasil pengalian dari biaya-biaya kegagalan
yang terukur :
Total
biaya kegagalan eksternal = k (Biaya kegagalan eksternal yang terukur)
dimana ‘
k ‘ adalah the multiplier effect
Jika k =
4, dan biaya kegagalan eksternal yang terukur sebesar $2 million, maka estimasi
Total biaya kegagalan eksternal menjadi
sebesar $8 million.
Metode
Penelitian Pasar
Digunakan
untuk menilai dampak kualitas yang buruk terhadap penjualan dan pangsa
pasar.Hasil penelitian pasar dapat digunakan untuk memproyeksikan hilangnya
laba di masa depan akibat kualitas yang buruk.
Fungsi
Kerugian Kualitas Taguchi
Mengasumsikan
bahwa setiap penyimpangan dari nilai target suatu karakteristik kualitas dapat
menimbulkan biaya kualitas yang tersembunyi.
·
Fungsi Kerugian Kualitas Taguchi
L(y) = k(y –
T)²
k =
Konstanta proporsionalitas yang
besarnya bergantung pada struktur biaya
kegagalan
eksternal perusahaan
y =Nilai
actual dari karakteristik kualitas
T =
Nilai target dari karakteristik kualitas
L
=Kerugian kualitas
Untuk
menggunakan fungsi kerugian Taguchi, maka nilai k harus diestimasi dengan rumus
sebagai berikut :
K =
c/d²
Dimana :
c = Kerugian
pada batas spesifikasi atas atau bawah
d =
Jarak batas dari nilai target
Produktifitas
Sebagai Alat Pengukuran dan Pengendalian efisiensi produktif total adalah suatu
titik dimana dua kondisi terpenuhi yaitu,:
Pada
setiap bauran input untuk memproduksi output tertentu maka tidak satu input pun
yang digunakan lebih dari yang diperlukan untuk menghasilkan output atas
bauran-bauran yang memenuhi kondisi pertama maka dipilih bauran dengan biaya
terendah.
·
Tehnik Efisiensi
Tehnik
Efisiensi adalah kondisi dimana sudah tidak ada lagi satu inputpun yang
digunakan lebih dari yang diperlukan untuk menghasilkan output.
Peningkatan Tehnik efisiensi improvement dapat dicapai dengan
menggunakan lebih sedikit input untuk menghasilkan ouput yang sama, atau
memproduksi output lebih banyak dengan jumlah input yang sama, atau memproduksi
output lebih banyak dengan input relative lebih sedikit.
0 komentar:
Posting Komentar